26 Maret 2012

Mari Membaca


Menulis dan nge-blog memang tidak bisa dipisahkan, plus dengan kegiatan membaca, pasti akan semakin komplit. Setelah menulis dan sebelum di posting ke blog, pada umumnya kita akan membaca ulang hasil tulisan tersebut. Nah, budaya membaca seperti itu harus selalu dilestarikan, jangan hanya membaca karena ada keperluannya, tetapi usahakanlah menjadikan kegiatan membaca sebagai kebiasaan.

Memang sulit untuk menjaga dan melestarikan kebiasaan tersebut, kebiasaan untuk terus membaca. Karena kita cenderung lebih menyukai menulis daripada membaca, itu sebabnya budaya membaca masih sangat minim di Indonesia. Banyak penulis yang telah menghasilkan karyanya, tetapi jarang sekali seseorang yang berprofesi sebagai pembaca.

Kita ini memang makhluk yang egois, maunya tulisan kita dibaca oleh orang lain, tetapi masih merasa enggan dan malas membaca karya tulis orang, betul tidak? Kita hanya ingin dipuji, tetapi malas untuk memuji. Kita hanya mau menulis dan dibaca tetapi malas untuk membaca karya orang lain, kecuali karya itu telah mendapat predikat sebagai best seller.

Memang, predikat best seller identik kalau tulisan tersebut atau isi dari buku itu pasti bagus karena disukai dan dibeli oleh banyak orang, sehingga tidak perlu diragukan lagi kualitasnya. Namun, belum tentu buku yang tidak termasuk kedalam predikat best seller merupakan buku yang tidak berkualitas. Nah, poin seperti ini akan menjadikan kita untuk senang membaca buku apapun juga, selama buku tersebut berisi pengetahuan yang bermanfaat.

Ada jam-jam tertentu yang asyik diisi dengan kegiatan membaca, seperti ketika sore hari di kala weekend, ketika pikiran sedang stuck, ketika sedang sedih (bacalah buku-buku yang bergenre komedi atau buku komik komedi), ketika sedang menunggu, atau ketika menjelang tidur.

Membaca buku sebelum tidur sangat efektif bagi Anda yang mengalami kesulitan tidur. Kegiatan membaca, sedikit banyak akan menguras energi dan pikiran Anda, yang tanpa Anda sadari akan membuat Anda semakin lelah. Kondisi fisik yang semakin lelah, khususnya organ mata dan otak (karena terus menerus berpikir), akan membuat Anda mengantuk dan dalam sekejap akan tertidur. Selain bisa menambah pengetahuan dengan membaca buku, Anda juga mendapatkan manfaat lainnya yaitu mengatasi kesulitan tidur. Ternyata, membaca itu memang menyehatkan J

Selain itu, dengan membiasakan membaca, kosa kata Anda akan terus-menerus bertambah. Adanya peningkatan penambahan kosa kata ini membuat tulisan Anda semakin beragam dan tidak monoton dengan kata atau tampilan kalimat yang itu-itu saja.

Banyak sekali manfaat dari membaca, jadi, tunggu apa lagi? Mari membaca J


260312

5 komentar:

NF mengatakan...

Kita ini memang makhluk yang egois, maunya tulisan kita dibaca oleh orang lain, tetapi masih merasa enggan dan malas membaca karya tulis orang, betul tidak? :D Betul..

Membaca karya best writer itu perlu untuk menambah kosakata dan mempercantik alur cerita, dan membaca karya orang biasa juga perlu untuk sebagai cermin kita dalam menulis :)

Irda Handayani mengatakan...

@NF : Terima kasih atas sharing-nya mb :D

Dini Haiti Zulfany mengatakan...

Aktivitas saya sebelum tidur adalah membaca, nyaris belum bisa tidur kalau tidak membaca. Hasilnya, mata saya jadi minus akibat membaca sambil tiduran hehehe jangan ditiru ya ^^v

Irda Handayani mengatakan...

@diniehz : pertahankan kebiasaan itu ya mb :D
Tetapi, kalau membaca sambil tiduran mah memang nggak boleh ditiru :)

pulsa mengatakan...

membaca membikin pikiran jadi melek :)

Posting Komentar

ShareThis