4 November 2011

Anak-Anak, Para Remaja dan Mamak-Mamak, Ayo Nge-Blog!


Beberapa bulan yang lalu saya memiliki tambahan cita-cita, yaitu ingin memperkenalkan kepada seluruh anak-anak dan remaja Indonesia tentang dunia menulis dan ngeblog. Akhirnya saya membuat sebuah blog yang bernama Rumah Blog Indonesia, blog ini khusus di buat sebagai wadah untuk semua hasil karya anak negeri, khususnya anak-anak dan para remaja yang memiliki rasa keingintahuan yang tinggi akan dunia maya.

Berlatar belakang rasa prihatin terhadap penyalahgunaan internet di kalangan anak-anak dan remaja, membuat saya tergerak untuk segera merealisasikan Rumah Blog Indonesia ini. Sedikit demi sedikit, pelan-pelan, dan berproses. Saya sangat berharap agar anak-anak dan para remaja bisa mengalihkan kecanduan mereka akan dunia internet (game online, situs-situs dewasa, dan kenegatifan dunia internet lainnya) kepada dunia menulis, dan ingin sekali mengajarkan kepada mereka bahwa menulis itu menyenangkan.

Anak-anak dapat mengembangkan imajinasinya baik dengan gambar ataupun dengan tulisan. Menggambar di media kertas dan menggunakan crayon yang berwarna warni memang menyenangkan, namun menggambar di media software seperti Paint yang sederhana juga menyenangkan, anak-anak dapat berkreasi sebebas mungkin. Menggambar tokoh kartun jagoannya atau menggambar pemandangan seperti biasanya.

Para remaja juga bisa menggambar, baik menggunakan media Paint ataupun software yang lebih canggih seperti Photoshop. Mereka bisa menggambar apapun, mulai dari desain kaos, desain dinding kamar, desain wallpaper, mengedit foto, dan lain sebagainya. Dalam bidang menulis pun mereka bisa leluasa berkreasi, menulis cerpen remaja, menulis puisi atau sekedar kata-kata ungkapan kata hati.

Hal yang saya sebutkan di atas adalah salah satu dari tujuan didirkannya blog ini, ingin menunjukkan pada dunia bahwa anak-anak dan para remaja mampu memaksimalkan atau memanfaatkan dan menggunakan fasilitas dunia maya dengan sebaik-baiknya, menghasilkan karya dan menghasilkan kepuasan bagi dirinya sendiri.

Sementara ini, saya masih berjuang untuk mengembangkan dan terus melakukan update Rumah Blog Indonesia. Memang, content yang saya suguhkan terdiri dari tips seputar dunia anak dan remaja, tips menulis, info, lomba dan berita update tentang prestasi anak dan remaja Indonesia. Rumah Blog Indonesia memang masih berupa wadah sederhana yang ditampilkan di dunia maya, namun cita-cita saya selanjutnya adalah untuk membuatnya menjadi nyata (insyaAllah…).

Ya, saya memang ingin membangun sebuah rumah, Rumah Blog Indonesia. Di rumah sederhana itu, akan saya penuhi dengan semua fasilitas pengembangan bakat anak-anak dan remaja, khususnya dalam dunia menulis. Akan ada juga pelatihan-pelatihan atau seminar-seminar tentang dunia anak dan remaja. Wah, pokoknya penuh dengan berbagai aktifitas positif J , membayangkannya saja sudah membuat saya bahagia, jadi sebelum itu tampak nyata, saya harus berjuang keras untuk membuatnya nyata di dunia maya, langkah awal sebagai sumbangsih untuk bangsa.

Kemudian, saya kembali menambah cita-cita lagi dan mengembangkan Rumah Blog Indonesia. Yang semula diperuntukkan kepada anak-anak dan remaja, namun kini akan diperuntukkan juga kepada para ibu-ibu, baik kepada ibu-ibu rumah tangga maupun ibu-ibu kantoran yang masih gapteg.

Latar belakangnya adalah, karena saya yang telah berkecimpung di dunia bisnis MLM dan mengharuskan untuk promosi dalam bentuk offline maupun online. Maka, saya promosikan dagangan saya lewat jejaring sosial dan blog. Tulisan-tulisan saya tentang perkembangan bisnis maupun tentang tips dan trik berbisnis banyak mendapat sambutan positif, sehingga para ibu-ibu dan para remaja yang tergabung di bisnis ini mulai melirik lapak blog yang saya miliki. Mereka ingin belajar ngeblog!

Bahkan, ibu saya pun yang gapteg dengan dunia teknologi informasi mulai merasa tertarik dengan apa yang saya kerjakan, menulis dan mempostingnya ke blog pribadi. Secara tidak langsung, ternyata menulis itu memang menular, ngeblog pun bisa menjadi virus ketertarikan dari kalangan usia dan status sosial manapun. Maka, saya akan menambahkan visi dan misi Rumah Blog Indonesia untuk siapapun, tanpa memandang usia, tanpa memandang gender, tanpa memandang status sosial, tanpa memandang status pekerjaan, tanpa memandang status pendidikan.

Hingga akhirnya saya resmi diminta oleh salah seorang senior untuk memberikan training online kepada para member lainnya tentang dunia blog, jadilah kami akan membuat training ngeblog untuk mamak-mamak, hahahaha…. Saya gembira, saya tidak meminta bayaran, toh bayaran saya pasti mengalir ke kantong amal (insyaAllah) karena dengan suka rela memberikan ilmu secara gratis, kalau sedekah harta yang banyak masih belum mampu, maka saya sedekah ilmu saja yang banyak J

Rumah Blog Indonesia akan segera saya update, melebarkan sayap visi dan misinya bagi kalangan manapun juga. Semoga, saya akan tetap berusaha, semoga terwujud, amin ya robbal’alamin….

Selamat merengkuh nikmat dan berkah di hari Jum’at teman ^___^
Bagi Anda yang ingin berpartisipasi dan ingin belajar bersama tentang dunia blog, silahkan bergabung di Training Online Bersama Rumah Blog Indonesia ya :)


041111

0 komentar:

Posting Komentar

ShareThis