29 Mei 2012

Tentang Blog


Dewasa ini siapa yang tidak mengenal dan mengetahui blog? Sebagian besar orang telah memiliki blog, baik yang muda maupun yang tua, baik yang masih bersekolah maupun yang sudah berkeluarga, baik yang senang menulis maupun yang hanya iseng.

Bila ditilik secara garis besar, blog dapat terbagi menjadi tiga bagian, yaitu :
  1. Blog sebagai jurnal
  2. Blog sebagai profil
  3. Blog sebagai portal

Blog yang berperan sebagai jurnal biasanya berisi tentang curahan isi hati, puisi, prosa, atau kejadian sehari-hari. Blog sebagai profil biasanya merupakan sebuah situs resmi dari sebuah organisasi atau portofolio pribadi si blogger. Sedangkan blog sebagai portal, menyajikan berbagai informasi menarik, teraktual, unik dan bertema spesifik (membahas satu tema).

Dengan adanya pembagian secara garis besar tersebut, maka kita dapat mendefinisikan blog yang dimiliki termasuk ke dalam bagian mana, apakah jurnal, profil atau portal. Meskipun sebagian besar blog yang hadir saat ini merupakan blog yang berada di jalur jurnal, namun tidak menutup kemungkinan kalau arah tema suatu blog akan berbeda seiring dengan perkembangannya.



Blog itu merupakan media, tempat dimana kita bisa menulis dan menuangkan apa pun yang kita inginkan. Apa yang tidak bisa disampaikan lewat lisan, maka dapat dituangkan ke dalam bentuk postingan. Apa yang tidak bisa kita tulis di sosial media lainnya, maka dapat juga diletakkan ke dalam bentuk curahan hati yang hanya bisa dibaca oleh kalangan terbatas (dalam artian blog tidak bisa diakses oleh siapapun kecuali yang telah memiliki izin, atau, blog tersebut memang tidak di publish ke sosial media mana pun).

Kita sebagai blogger, adalah pengemudi yang menentukan arah akan dibawa kemana blog, juga merupakan seseorang yang memutuskan tujuan apa yang terkandung di dalam blog. Blogger merupakan kepala rumah tangga yang bertanggung jawab penuh dengan apa yang disampaikan di blog. Maka, berusahalah menentukan arah blog Anda di jalur yang pas dengan hati nurani.

Selamat nge-blog J


290512

4 komentar:

Endah SL mengatakan...

wah blog aku masuk ke kategori yang mana ya ??? :D

NF mengatakan...

blog aku belum spesifik mba, masih random seperti halnya diriku hehe

Dini Haiti Zulfany mengatakan...

Blog sebagai jurnal artinya punya saya :D

Btw mbak, twitternya disuspend ya?

Irda Handayani mengatakan...

@mb Ninuk : hhhmmmm... mana ya? :D

@mb NF : hahaha... nggak apa-apa mb, yang penting tetap update blog ya :)

@mb Diniehz : iya, blog mb memang konsisten di bidang jurnal :)
Iya nie mb, ini sudah ketiga kalinya kena suspend T____T

@All : untuk sementara RBI menggunakan akun twitter @RBICommunity, monggo silahkan di follow :)

Posting Komentar

ShareThis