31 Mei 2012

Syarat Nge-Blog


Malam ini saya akan membahas tentang syarat-syarat yang harus dimiliki bila Anda ingin nge-blog. Sebenarnya syarat-syarat ini bukanlah syarat mutlak, namun lebih baik lagi bila Anda mempersiapkannya sebelum benar-benar terjun dan melebarkan bendera profesionalisme dalam nge-blog.

Syarat untuk nge-blog diantaranya yaitu :

  1. Memiliki niat
  2. Punya akses internet
  3. Membuat blog
  4. Melakukan riset
Pada dasarnya, apa yang kita lakukan pasti memiliki niat, baik itu niat untuk jangka pendek, menengah atau jangka panjang. Seseorang melakukan sesuatu juga di support oleh niat di dalam hatinya, seperti halnya nge-blog, niat juga dibutuhkan dalam membangun sebuah blog loh. Karena apa yang terkandung dalam niat akan membawa Anda kepada tujuan untuk apa Anda nge-blog.

Niat jangka pendek biasanya akan membawa blog menuju jalur kepuasan menulis dan berbagi semata, atau “yang penting gue semakin keren karena punya blog”. Niat seperti itu boleh-boleh saja, tidak ada yang melarang karena Anda adalah pemilik dan penguasa penuh atas blog Anda sendiri.

Niat jangka menengah biasanya berawal dari niat yang “setengah” serius. Awalnya hanya coba-coba, eh semakin lama semakin “ketagihan” dan mulai menujukkan keseriusannya dalam mengembangkan blog. Menurut hemat saya, lumayan banyak blogger yang memiliki niat seperti ini, mungkin karena sudah merasakan jatuh cinta dan mengetahui asyiknya nge-blog J

Sedangkan niat jangka panjang merupakan niat yang memang mengambil jalan “terjun total” ke dalam pengembangan dan kesuksesan karir blog-nya, baik di dunia maya, sosial media, maupun di dunia nyata. Blogger yang cepat sukses biasanya ditunjang oleh adanya niat yang serius dan niat jangka panjang seperti ini.

Punya akses internet! Ya iyalah, kalau tidak ada koneksi internet mah kaga’ bisa nge-blog atuh neng/kang :D Itu syarat yang wajib harus dimiliki oleh blogger. Meskipun pembagian “jatah” sinyal jaringan internet tidak pernah merata dan selalu menimbulkan masalah, namun berusahalah untuk selalu berdekatan dengan sinyal-sinyal internet yang bersahabat.

Membuat blog juga syarat yang wajib ya! Nggak lucu donk kalau seseorang dipanggil dengan sebutan blogger tapi dia belum membuat blog-nya, hehehe… ada nggak ya yang seperti itu, mengaku sebagai blogger tetapi tidak memiliki blog? Banyak referensi yang gratisan dan membahas bagaimana caranya membuat blog, mulai dari blog pribadi hingga blog professional. Yang penting cuma satu hal, yaitu mau belajar! J

Seorang blogger juga perlu melakukan riset untuk mendukung apa yang ditulisnya di blog. Tidak harus riset yang berat-berat dengan segudang data-data yang memusingkan, dan tidak harus juga melakukan eksperimen, namun, riset di sini dalam artian bahwa apa yang Anda sampaikan di blog memiliki fakta-fakta yang sesuai dengan kejadian sebenarnya.

Seperti apa sih riset itu? Bagaimana sih melakukan riset kecil-kecilan dan sederhana? Apa saja sih yang diperlukan dalam melakukan riset? Nah, tunggu pembahasan berikutnya ya, Insya Allah besok malam saya mampir lagi untuk membahas tentang riset.

Good night all blogger J


310512

0 komentar:

Posting Komentar

ShareThis