11 Juli 2012

Transformasi Ilmu Pengetahuan


Semenjak langkah saya menuju RBI dan tangan saya bergerak seirama dengan perubahannya, sangat banyak hal yang bisa saya dapatkan, berbagai macam anugerah yang sudah seharusnya saya syukuri, Alhamdulillah J

Saya hanya ingin sedikit sharing tentang pengalaman saya selama menimba ilmu dan sejak bertemu dengan blog. Basic pendidikan saya memang bergelut di bidang komputer, pilihan ini saya lakukan ketika jatuh cinta pertama kali pada komputer di kala SMU. Saat itu ada mata pelajaran ekstrakurikuler yang bisa dipilih, dan tanpa berpikir panjang saya langsung memilih komputer.

Pengenalan tentang apa itu komputer, bagian software maupun bagian hardware-nya membuat saya berdecak kagum. Satu hal yang membuat saya jatuh cinta pada pandangan pertama adalah ketika melihat casing CPU di buka oleh guru dan seketika itu juga saya melihat kabel-kabel yang berwarna-warni dan terpasang dari satu bagian ke bagian lainnya (pada tahun 2000-an bentuk hardware komputer belum sekeren sekarang ;p). Cuma satu kata yang keluar, “keeeerrrreeeennnnn….” :D

Semenjak itu, saya tidak pernah jauh dari apa yang namanya komputer dan bertekad suatu saat nanti bisa membongkar pasang CPU sendiri. Ahamdulillah, akhirnya saya bisa melakukan hal tersebut saat di bangku kuliah di mata pelajaran Troubleshooting. Konsentrasi jurusan yang saya ambil ketika kuliah adalah Programming di Teknik Komputer. Saya berkenalan dengan software dan aplikasi pemograman, njelimet memang, tapi menantang adrenalin J

Saya sendiri lebih condong ke pemograman seputar VisualBasic atau Java, meskipun tidak begitu menguasainya. Sedangkan pemograman di bidang web, Alhamdulillah sedikit banyak juga tahu. Nah, pengetahuan yang secul itulah yang akhirnya saya kembangkan. Semenjak kenal dengan blog, tanpa sadar saya sudah mengembangkan dan membangkitkan ingatan tentang ilmu pengetahuan itu.

Mulai dari Blogspot yang memiliki kode pemograman seputar HTML, JavaScript dan CSS. Kemudian dengan nekad saya merambah ke dunia Wordpress untuk membuat project professional pertama saya di bidang web, dimana saya harus bertemu lagi dengan PHP. Lanjut ke dunia desain yang saya rasa sangat berat dan sulit untuk dilakukan karena saya merasa tidak pernah berbakat dalam dunia desain, eh pada akhirnya justru ketagihan untuk terus berkarya lewat desain grafis :D Berawal dari “keterpaksaan” belajar mendesain untuk membuat cover buku Belajar Nge-Blog Yuk?! hingga akhirnya menjadi paham bahwa begitu menyenangkannya dunia desain, dan desain ini pun sangat mendukung kegiatan saya di dunia blog atau web.

Berlanjut ke project-project lainnya, dimana saya harus belajar dan terus belajar untuk memperkaya diri dengan ilmu pengetahuan baru dan terus mengembangkan ilmu yang selama ini sudah di dapatkan. Mulai dari web bertema fotografi (www.rifphotography.com) hingga web e-shop (www.belanjaserbu.com) yang masih saya kerjakan saat ini dengan menggunakan Prestahop.

Kalau ditanya, “pusing nggak mempelajari banyak hal sekaligus?” Tentu saja, sampai seperti berputar-putar otak saya, hahaha :D Tapi, karena adanya cinta dan rasa penasaran, hal tersebut menumbuhkan passion dan semangat untuk terus belajar. Itu sebabnya saya memberikan judul Transformasi Ilmu Pengetahuan, karena perubahan dalam ilmu pengetahuan itu harus selalu dilakukan, berubah mengikuti perkembangan dan kemajuan dunia.

Seperti nasehat seorang sahabat saya bahwa “Tidak ada yang abadi di dunia ini kecuali perubahan itu sendiri”, jadi tidak heran bila banyak orang yang beralih transformasi ilmu pengetahuan ke bidang lainnya. Selama perubahan itu menghasilkan karya yang berkualitas dan bermanfaat, maka lakukanlah.

Bagaimana dengan cerita sobat RBI tentang transformasi ilmu pengetahuannya? Share di sini ya J


110712

7 komentar:

Belajar Photoshop mengatakan...

wahhh saiia sii jujur nii nyerah klu sama yg namanya pemrograman :( visualbasic, java dll :(

Unknown mengatakan...

waah kalo aku suka komputer awalnya dari blog walaupun lebih ke desain sama dkit-dikit htmlnya doang sih masih standar, pas minat kuliah mau ambil jurusan itu biar nambah ilmu, ga keterima yauda taunya itu-itu aja haha *kok curhat ya* :D

COFFEE. mengatakan...

Keren...
TI ke Sastra :D

A. Y. Indrayana mengatakan...

sampai sekarangpun saya masih sangat menyukai dunia perkomputeran ..
walau sekarang udah beda jurusan... hahahaha

Kunjungan blogwalking .. ^ ^

Irda Handayani mengatakan...

@ealajar Photoshop : sudah dicoba atau pun belum dicoba yang penting pantang menyerah ya :)

@Ulviaaa : untuk mendapatkan atau menggunakan ilmu kan tidak harus dari kuliah :) Kita bisa mempelajarinya secara otodidak, jadi tetap semangat ya :D

@Agus : Terima kasih :)

@Indrayana : seeeppppp.... terima kasih atas kunjungannya :)

Indonesian Strong from Home mengatakan...

wahhh... bener juga tuu kang.. yang penting pantang nyerah :)

Irda Handayani mengatakan...

@Indonesia Strong from Home : yup, benar sekali :)

Posting Komentar

ShareThis