10 Oktober 2011

Inspirasi yang Datang Sendiri


"Inspirasi itu tidak perlu di cari, dia datang sendiri. Tapi kalau dia tidak datang juga, segera buat inspirasimu sendiri. Lihat ke dalam diri bahwa inspirasi itu bersembunyi dan ingin ditemukan dengan segera. Tak perlu lama, hanya lihat, maknai dan genggam si inspirasi hingga menjadi sebuah tulisan yang berkualitas"

Kalimat di atas adalah kalimat yang menjadi status saya di jejaring sosial facebook. Kalimat itu keluar begitu saja sesuai dengan hasrat dan sugesti bahwa saya memang mampu menjadi seorang penulis yang hebat! Seorang penulis yang hebat tidak akan pernah lepas dari hal penting yang bernama inspirasi.


Banyak para penulis (termasuk saya) yang masih junior maupun yang telah menjadi senior memiliki masalah dengan inspirasinya. Dan masalahnya akan bertambah parah jika kita melakukan pemaksaan kepada otak untuk terus berpikir dan harus bisa menghasilkan inspirasi tulisan yang bagus. Wah, semakin di paksa akan semakin hilang deh inspirasinya.

Ada beberapa tips yang saya dapatkan dari pengalaman pribadi tentang mencari inspirasi menulis. Tenangkan diri, tarik nafas dalam-dalam dan hembuskan perlahan, rilekskan diri Anda. Yakinkan pada diri sendiri bahwa untuk menemukan inspirasi yang bagus itu tidak mengenal kata tergesa-gesa atau terburu-buru. Yakinkan pada diri sendiri bahwa tak perlu jauh-jauh mencari inspirasi yang jitu, tak selamanya suasana tenang dan senyap bisa menghasilkan inspirasi.

Hanya satu kuncinya, temukan inspirasi itu dari dalam dirimu sendiri, tak jauh dan tak repot kan? Maknai saja hidupmu, apa saja yang telah kamu lakukan baik di masa lalu, masa sekarang atau bahkan di masa depan. Selalu ada banyak inspirasi di sana. Bahkan, contoh yang lebih sipmle, ketika Anda sedang berada di perhentian lampu merah, banyak pemandangan yang unik di sana. Orang biasa akan melihat pemandangan yang biasa, nah, orang yang berbeda dan luar biasa akan melihat banyak ide di sana.

Just that my friend! Don't ever make something to be complicated but make it simple. Try it anytime, anywhere, any condition and let's make an unique article. Have fun ^__^

0 komentar:

Posting Komentar

ShareThis