2 Oktober 2011

Tips Menghadapi Kebuntuan Ide Di Tengah Proses Menulis

Pernahkah Anda merasa kehilangan ide atau gagasan cerita pada saat Anda sedang berada dalam proses menulis naskah? Tiba-tiba saja mood menulis itu hilang, atau karena satu dan lain hal Anda kehilangan minat untuk meneruskan tulisan Anda itu.

Saya rasa, Anda juga pernah mengalami yang saya alami. Baru saja menulis beberapa paragraf narasi dan beberapa dialog antar tokoh, eh, tiba-tiba pikiran jadi nge-blank, tidak bisa meneruskan kalimat berikutnya!


Dan, yang lebih membuat bingung, ternyata malah ide lain yang muncul. Misalnya, saat sedang asyik menulis cerpen tiba-tiba kehilangan mood dan justru bersemangat untuk menulis artikel yang lain. Apa yang Anda lakukan saat berada di posisi tersebut?

Beda penulis, tentu beda pula cara menyikapinya. Metode dan strategi apa yang dilakukan oleh seorang penulis bila berada di kondisi saat itu menunjukkan bahwa “sematang” apa dia melihat dan menemukan solusi bagi kesulitannya.

Nah, tetapi bukan berarti saya termasuk penulis ahli ya (hehehehe…) J  Saya hanya penulis amatir yang berusaha membagi ilmunya kepada orang lain, hitung-hitung berbuat amal lewat tulisan. Berikut ini tips yang saya lakukan saat mengalami kebuntuan ide di tengah proses menulis.

  1. Hentikan sejenak kegiatan menulis Anda tersebut, jangan takut kalau Anda tidak akan bisa melanjutkannya.
  2. Yakinkan pada diri sendiri bahwa Anda mampu untuk menyelesaikan tulisan itu.
  3. Ide baru yang sedang beterbangan di kepala Anda itu, segera tulis di notes pribadi Anda, atau boleh juga di ketik langsung di file baru.
  4. Tuliskan ide baru itu sesuka Anda, bisa sekedarnya atau mendetail seperti judul, tema, dan keterangan yang mendukungnya.
  5. Jika ternyata Anda masih belum puas dengan tindakan hanya sekedar menuliskan clue ide baru tersebut, tidak ada salahnya dan tentu saja tidak ada yang melarang Anda untuk memulai menulis ide tersebut. Biasanya setelah Anda puas melampiaskan hasrat menulis dengan ide yang baru itu akan membuat mood Anda memiliki power yang lebih strong.
  6. Nah, setelah puas, kembalilah kepada tulisan awal Anda tadi. Teruskan tulisan yang buntu tadi dengan ide-ide baru dan tentu saja dengan power full.

Selamat mencoba ^__^  Go writers!



0 komentar:

Posting Komentar

ShareThis