23 Agustus 2012

Chen Chen Goes to Space - Keily Setiawan Goes to International


Anak Indonesia kembali berprestasi di tingkat dunia, setelah siswi kelas empat berumur sembilan tahun, Keily Setiawan, berhasil menjadi penulis termuda di dunia dengan menerbitkan buku yang berjudul Chen Chen Goes to Space.

Buku tersebut diterbitkan secara online oleh produsen komputer Apple dan didistribusikan ke toko iTunes di 32 negara pada tanggal 28 April 2012 lalu. Buku tersebut sekarang bertengger di ranking “200 Top Rated” untuk kategori buku gratis di Amerika Serikat dan Australia.

“Penerbitan buku di iTunes tidak mudah karena harus melalui dewan redaksi yang ketat. Dewan tersebut menyeleksi apakah isi buku menarik dan asli” kata Kepala Sekolah Sinarmas World Academy tempat Keily belajar, Jhon Mcbryde.

Buku Chen Chen Goes to Space bercerita tentang seorang kelinci yang ingin menjadi astronot. Buku ini ditulis Keily dalam dua bahasa, yaitu Mandarin dan Inggris, serta dilengkapi dengan gambar ilustrasi yang dibuat sendiri oleh Keily.

Dengan bahasa Inggris yang lancar, Keily menuturkan kepada wartawan bahwa buku Chen Chen Goes to Space ditulis sebagai hadiah kepada adiknya yang baru lahir. Karakter kelinci dia pilih karena shio adiknya dilambangkan oleh binatang itu.


“Saya senang karena buku ini mendapatkan banyak komentar bagus. Salah satunya seorang ibu di Amerika yang mengatakan bahwa dia mengunduh Chen Chen Goes to Space untuk dibacakan kepada anaknya, ibu tersebut jufa merekomendasikan buku ini” kata Keily.

Pada mulanya Apple menolak buku Keily karena berbahasa Mandarin. Atas saran dari gurunya, Keily kemudian menambahkan bahasa Inggris pada buku tersebut.



Wah, sebuah prestasi yang tentunya sangat membanggakan! Maka, siapa yang masih meremehkan dunia tulis menulis? Peran serta para pendidik maupun orang tua untuk mengembangkan minat atau bakat dari anak adalah pondasi yang sangat dibutuhkan untuk mencetak pribadi-pribadi muda berkarakter dan penuh karya.

Berawal hanya dari sebuah cerita biasa menjadi buku yang menembus pengakuan dunia internasional, bukan hanya itu, tulisan sederhana yang ditulis oleh seorang anak yang berusia sembilan tahun ternyata bisa dan mampu mencapai tempat yang notabene dikejar banyak orang.


Mengapa bisa? Karena orang-orang dewasa di sekitar Keily mungkin lebih banyak memberikan support daripada celaan, mungkin karena mereka lebih melihat kepada kualitas tulisannya daripada hanya sekedar coretan biasa, mungkin karena mereka sadar bahwa apa yang disampaikan oleh Keily merupakan suatu hal yang pantas untuk mendapatkan reward dan bukan hanya sekedar tulisan anak-anak biasa.

Maka, sudah sepantasnya kita (orang-orang dewasa) lebih menghargai karya para generasi muda seperti Keily. Jangan pernah merasa tersaingi atau merasa minder karena telah “dikalahkan” oleh anak kecil yang berumur sembilan tahun, buang jauh pikiran itu, karena kualitas karya seseorang tidak pernah diukur dari umur.

Jadi, jangan mau kalah ya dengan anak-anak. Ayo semangat lagi berkarya, baik dalam bidang tulisan maupun blog atau bidang lainnya yang sobat kuasai. Jadikan prestasi teman-teman lainnya sebagai pemicu semangat dan kerja keras untuk mewujudkan cita-cita dan impian :D


230812

9 komentar:

Nurmayanti Zain mengatakan...

WOw, Keren Indonesia! Majuuuu!

A. Y. Indrayana mengatakan...

Sip ... Anak Indonesia hebat ..


Minal aidin wal faizin ya RBI ... ^ ^

Irda Handayani mengatakan...

@Nurmayanti : go go Indonesia :D

@Indrayana : sama2, mohon maaf lahir dan batin juga ya :)

Keke Naima mengatakan...

support dr lingkungan itu udah terbukti penting banget ya

Irda Handayani mengatakan...

@ke2nai : benar Bun :)

imamboll mengatakan...

Indonesia memang ditakdirkan sebagai negara yang memiliki banyak potensi, dan sekarang sudah muncul potensi generasi muda dalam berkreasi :D

Irda Handayani mengatakan...

@Boll : d(^_______^)b

rico ade mandana mengatakan...

anak sekecil ini???
astaga, keren banget dah..
hemmm gak boleh kalah nih sama anak ini.
go go go.....

Irda Handayani mengatakan...

@Rico : benar, ayo semangat :D

Posting Komentar

ShareThis