30 Agustus 2012

Take and Give


Sebuah kalimat yang terdiri hanya dari tiga kata dalam bahasa Inggris, yaitu “Take and Give”. Kata yang simple, mudah diingat dan sangat familiar. Istilah ini sering diucapkan dalam sebuah hubungan, baik itu hubungan persaudaraan, persahabatan, maupun pertemanan.

Bila diartikan dalam bahasa Indonesia, “Take and Give” dapat diartikan sebagai sikap saling memberi dan menerima. Bila Anda ingin menerima, maka Anda harus memberi. Bila Anda ingin mendapatkan, maka Anda harus kehilangan.

“Take and Give” seperti sebuah simbiosis mutualisme yang terjadi antara anemon dengan ikan badut, sebuah contoh yang juga sangat familiar untuk menggambarkan hubungan ini. Saling melengkapi dan membuang sikap egois. Saling membantu dan membuang kepentingan sendiri. Saling memahami dan membuang jauh sifat sombong.

Hubungan seperti ini mungkin terlihat seperti mengharapkan imbalan untuk semua hal yang dilakukan. Namun, adanya sifat sosial yang melekat pada manusia membuatnya selalu merasa ketergantungan akan bantuan orang lain, maka tidak heran bila “Take and Give” masih dilestarikan dalam berbagai bidang kehidupan.

Ingin blog Anda dikunjungi? Maka Anda harus mau meluangkan waktu untuk melakukan blogwalking dan mengunjungi blog orang lain. Ingin tulisan Anda dikomentari? Maka Anda harus mau memberikan rangkaian kata-kata pada tulisan orang lain juga. Ingin mendapatkan teman blogger dari seluruh penjuru Indonesia atau dunia? Maka Anda harus melestarikan tindakan sapa ramah kepada teman-teman blogger lainnya.

Tidak selamanya kita harus memberi dan tidak selamanya kita harus menerima. Ada proses dari kedua tindakan tersebut dan ada banyak hal yang harus dipertahankan. Tidak selamanya kita berkorban demi orang lain karena suatu saat akan ada orang lain juga yang memberikan bantuannya untuk berkorban demi kita.

So, let’s blogwalking again :D


300812

7 komentar:

syauqiya mengatakan...

blog walking ^^
#blogger baru gusuran dari multiply :D

Jus Kulit Manggis mengatakan...

berbagi kata kata motivasi gan
Kesedihan adalah ibarat terdampar di gurun pasir. Hal terbaik adalah berusaha keluar dari gurun pasir tersebut.
salam kenal sukses selalu dan ku tunggu kunjungan baliknya :D

Keke Naima mengatakan...

semuanya hrs seimbang ya :)

Irda Handayani mengatakan...

@Kbitknotlove : terima kasih atas BW-nya dan salam kenal :)

@Jus Kulit Manggis : salam kenal kembali :)

@ke2nai : betul bunda :)

Planet Pengetahuan mengatakan...

iya benerbanget,, pengenbanyak komentar dan pengunjung kita juga harus rajin berkomentar dan berkunjung ke blog2 orang lain,,, :)

Irda Handayani mengatakan...

@Planet Pengetahuan : terima kasih :)

Anonim mengatakan...

persahabatan bukanlah hal yang special tanpa cinta dan sayang, walau terkadang ada airmata dan senyum yang menghiasi..

semangat buat melestarikan menulis

Posting Komentar

ShareThis