10 Agustus 2012

Flowchart Nge-Blog

Mengingat hari ulang tahun RBI yang akan datang di tanggal 15 bulan September 2012, membuat saya ingin membagikan sebuah flowchart atau diagram alir singkat tentang proses bagaimana nge-blog. Bagi para mahasiswa tingkat akhir atau yang pernah menjadi mahasiswa, pasti sangat familiar dengan kata itu, flowchart atau diagram alir.

Menurut Wikipedia, flowchart atau diagram alir merupakan sebuah diagram dengan symbol-simbol grafis yang menyatakan aliran algoritma atau proses yang menampilkan langkah-langkah yang disimbolkan dalam bentuk kotak beserta urutannya dengan menghubungkan masing-masing langkah tersebut menggunakan tanda panah. Berikut ini merupakan penjelasan singkat pengalaman pribadi bagaimana saya bisa jatuh cinta, mulai belajar dan semakin sayang pada blog.


  
1] Syarat mutlak yang harus dipenuhi adalah Anda harus membuat dan membangun sebuah atau beberapa blog sesuai dengan kebutuhan, tujuan, visi dan misi.

2] Agar blog terlihat “hidup”, Anda harus memposting tulisan ke dalam blog Anda.

3] Apakah Anda sudah mengetahui bagaimana sistem atau bagaimana cara kerja blog? Bila Anda belum mengetahuinya, silahkan mencari referensi tentang blog, pelajari dan kemudian pahami agar Anda tidak “tersesat”. Sistem blog di sini memiliki arti bagaimana cara kerja dari platform pembangun blog yang Anda gunakan, karena sistem blog berbeda-beda tergantung platform-nya.

4] Apakah Anda mengetahui bahasa pemograman? Bila belum, cobalah mencari tutorial tentang bahasa pemograman misalnya HTML atau JavaScript atau PHP. Meskipun tidak menguasai, tapi jika Anda mengetahui bahasa pemograman tersebut adalah nilai plus bagi Anda dan blog Anda.

5] Nah, bila sudah mengetahui sedikit atau banyak tentang bahasa pemograman, cobalah untuk memanipulasi template blog Anda dengan mengutak-atik script atau kode-kode-nya.

6] Share blog Anda ke berbagai jejaring sosial media dan biarkan orang lain mengetahui dan mengenal blog Anda. Lakukanlah blogwalking. Pada awal nge-blog, seseorang cenderung menginginkan agar orang lain yang terus-menerus mengunjungi blog-nya tetapi urung atau malas melakukan blogwalking (atau memang karena belum mengetahui tradisi blogwalking ini). Bila sudah di follow oleh seseorang, berusahalah untuk mem-follow back blog-nya juga, take and give ya J Ikuti juga berbagai kontes atau giveaway yang dilaksanakan oleh teman-teman blogger lainnya.

7] Perluaslah tali persahabatan dengan sesama blogger menggunakan akun-akun sosial media, seperti Twitter atau Facebook. Bergabung juga di komunitas blog (sudah banyak sekali komunitas blog di dunia maya, Anda tinggal pilih komunitas mana yang sesuai dengan tujuan blog Anda J ) dan ikutilah acara kopdar blogger.


8] Pada akhir flowchart seharusnya ada sebuah penutup yang berbentuk sama seperti kata MULAI di atas tapi untuk menutup flowchart ditulis SELESAI. Kenapa lambang SELESAI itu tidak ada? Saya pribadi tidak akan pernah menutup flowchart ini dengan kata SELESAI, karena tidak akan pernah ada masanya untuk pensiun dari dunia nge-blog. Seperti komitmen pernikahan, sampai maut memisahkan (Insya Allah). Jadi, tetaplah nge-blog sobat :D


100812

7 komentar:

Dini Haiti Zulfany mengatakan...

iya yah, ngeblog emang agak mirip komitmen pernikahan. Dijaga terusss sampai akhir hayat, Insya Allah :)

Irda Handayani mengatakan...

@diniehz : Insya Allah mbak :)

A. Y. Indrayana mengatakan...

dan jangan lupa .. selalu blogwalking ^ ^

imamboll mengatakan...

wah, niat bener mas admin sampai buat flowchartnya, hehe

mungkin itu dulu tugas kuliah ya :)
hehe

salam kenal buat mas admin

Irda Handayani mengatakan...

@Indrayana : Insya Allah :)

@Boll : hahaha... bukan hanya niat, tapi juga sebagai pendukung materi :) Flowchart ini bukan tugas kuliah lho, tapi mmg sengaja kami buat untuk melengkapi tulisan ini. Salam kenal juga ^^v

Zend mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Zend mengatakan...

Blog Komputer Teknologi

Posting Komentar

ShareThis