14 Maret 2012

Diary-ku Dulu, Sekarang dan Nanti


Masih ingat dengan gambar di bawah ini? Gambar tersebut adalah tampilan dari halaman depan sebuah buku diary. Ketika melihat genit-nya cover diary yersebut saya langsung teringat kepada blog saya. Apa hubungannya ya? Dulu, ketika dunia blog belum ada, buku diary adalah sosok yang sangat populer ketika itu, yaitu sekitar tahun 90-an.

Para remaja berlomba-lomba membeli buku diary yang unik, lucu, menggemaskan dan keren, dengan  rasa bangga mereka akan memberikan kepada para sahabat yang terpercaya untuk menulis di dalam diary tersebut. Pada umumnya isi diary ketika itu adalah tentang biodata teman-teman, atau berisi tentang lirik-lirik lagu yang sedang trend, atau kumpulan puisi, keluh kesah dan curhat, atau juga sebagai catatan pribadi yang bersifat rahasia.



Tampilan isi diary yang berwarna warni dan bertabur icon-icon cantik, terkadang masih dihiasi dengan goresan-goresan warna pena yang beragam. Pasangan diary ketika itu memang pena atau spidol mini yang beraneka warna, pasangan yang tidak terpisahkan dan membuat diary semakin keren, colorful.

Tulisan yang nge-trend ketika itu juga banyak bentuknya, saya masih ingat salah satu bentuk tulisan alay yang sering digunakan oleh remaja ketika itu (termasuk saya), dan ternyata huruf-huruf alay ini mulai marak kembali. Huruf a diganti dengan angka 4 dan digarisbawahi, huruf g diganti dengan angka 9 atau 6, huruf s diganti dengan angka 5, dan sebagainya, plus penggabungan antara huruf kecil dengan huruf kapital.

Pada masa itu, tampilan tulisan alay sangat disukai dan tidak ada yang komplain, mungkin karena hanya digunakan pada media buku. Sedangkan di masa sekarang, banyak orang yang merasakan ketidaknyamanan dengan matanya karena membaca tulisan-tulisan alay (kembali, termasuk saya yang sering pusing dan tidak mengerti apa maksud dan arti dari tulisan alay itu, hehehe), mungkin karena penggunaan tulisan alay sudah menyebar ke segala media, bukan hanya tulisan di buku tetapi juga di sosial media, seperti jejaring sosial dan pesan singkat.

Kembali kepada buku diary tadi, sosok diary sederhana dalam rupa hardcopy mulai beralih rupa menjadi softcopy. Diary sekarang lebih beragam dan modern yaitu yang disebut sebagai blog. Saat ini, blog sedang naik daun dengan segala rupa, bentuk dan fungsinya. Blog sangat diminati oleh berbagai kalangan dan bahkan menjadi ladang pekerjaan bagi sebagian orang.

Wow, perkembangan dan transformasi diary sangat menggembirakan! Saya sendiri sangat menyukai tampilan diary saat ini, dimana blog bukan hanya diary biasa yang disimpan dan dikonsumsi sendiri, tapi merupakan ajang keeksistensian diri di ranah dunia maya.

Dengan bebas saya bisa menuliskan hal apa saja yang saya inginkan, membuat corat coret yang beragam, mempercantik tampilan dengan template yang unik-unik, bahkan saya bisa menambahkan berbagai fitur menarik yang menampilkan file berupa suara atau video, dan itu semua bisa saya tunjukkan kepada dunia.

Banyak orang terkenal yang beranjak dari sebuah blog, baik itu penulis, komedian, motivator, dan profesi lainnya. Maka, berlombalah orang-orang untuk membuat blog-nya. Virus nge-blog semakin ramai sekarang, tidak pandang usia, tidak pandang jenjang pendidikan, tidak pandang profesi dan pekerjan, tidak pandang gender, semua orang bebas mengekspresikan dirinya lewat blog.

Perkembangan zaman dan teknologi saat ini semakin memudahkan segala hal dan urusan, begitu juga dengan hal curhat ber-curhat. Media yang digunakan semakin beragam, mau hardcopy atau pun softcopy, tidak masalah, yang penting happy J


 140312

8 komentar:

system of blog mengatakan...

aku mau nanya jadinya enak di blog atau di bku diari nulis curhat nya. . .?

Irda Handayani mengatakan...

@system of blog : Kalau saya pribadi, lebih suka di blog :)

Dini Haiti Zulfany mengatakan...

huehehehe :p jadi malu sendiri baca post ini, karna teringat dengan diary dari jaman SMP yang betapa noraknya..

Sekarang, sebagian isi hati saya tumpah ruahkan di blog. Konon, kata suami, dulu dia *ketika masih belum jadi suami* 'naksir' saya akibat sering mampir ke blog saya aw aw awww xixixiix :p

Irda Handayani mengatakan...

@diniehz : hahahaha.... :D
wah, dari mata turun ke hati tuh :)

Unknown mengatakan...

Menangkan Voucher Belanja IDR 250,000 dengan mengikuti Activorm’s Survey Days yang ada di website ACTIVORM.. Dengan mengikuti Activorm’s Survey Days, kalian juga berkesempatan untuk mengikuti Activorm’s Private Beta dimana akan ada lebih banyak lagi hadiah menanti kalian! Klik sekarang juga ACTIVORM, kesempatan terbatas untuk 1,000 orang pertama!

Christine Tjarlie mengatakan...

Anda Bosan Menjadi Pemain Dan Ingin Menjadi Bandar??? Temukan Solusinya Hanya Di PesonaQQ.com

Penawaran Special Dari PesonaQQ Untuk Anda Yang Bergabung Hari Ini Juga :

=>> Bonus Turnover 0.3% - 0.5% (Perminggu)
=>> Bonus Referensi 20% (Seumur Hidup)

Keuntungan Anda Yang Bergabung Bersama Kami Di PesonaQQ :

*Data Anda Aman Bersama Kami
*Pelayanan Customer Service Yang Ramah 24/7
*Tersedia 7 Permainan Dalam 1 Web Yang Sesuai Dengan Skill Anda (Poker, Domino QQ, Capsa Susun, Adu Q, Bandar Q & Bandar Poker)
*Bonus TURNOVER Yang Melimpah & Bonus REFERENSI Yang Berlaku Seumur Hidup
*Hanya Dengan 1 Akun Anda Sudah Bisa Bermain Semua Game Di PesonaQQ.com

Kalau Bukan Sekarang Kapan Lagi???

Ayok Tunjukkan Skill Anda Sekarang Juga, Hanya Di PesonaQQ.

Berita Terkini dan Terpercaya mengatakan...

TELAH HADIR AGEN POKER TERPERCAYA DAN TERBAIK DI INDONESIA

*PROSES DEPOSIT & WITHDRAW MUDAH CEPAT & AMAN
*DAPATKAN BONUS TURNOVER UNTUK SETIAP HARI 0.3% - 0.5% (WIN or LOSE)
*BONUS REFERRAL 20%(Seumur Hidup)
*ANDA BISA MAIN LANGSUNG DARI HP ANDROID / IOS DIMANA SAJA
*ANDA BISA BERMAIN DAN BERTEMU DENGAN SELURUH
PEMAIN INDONESIA DALAM GAMES ONLINE :
-Poker
-Bandar Poker
-CapsaSusun
-Domino99
-Adu Q
-Bandar Q
-Bandar Sakong
-Bandar 66

Pastikan Anda login hanya melalui situs resmi kami di http://www.jago288.net/app/Default0.aspx?lang=id

Untuk info selanjutnya silahkan hubungi CS 24 jam yang siap melayani anda...
WA: +855717086677

silviatan777 mengatakan...

Telah hadir situs terpercaya untuk bermain game online

Menyaediakan 8 game dalam satu id
* POKER
* BANDAR Q
* BANDAR POKER
* DOMINO
* CAPSA SUSUN
* ADU Q
* BANDAR 66
* SAKONG

keunggulan bermain di PESONAQQ :

* Minimal deposit hanya Rp 20.000
* Minimal tarik dana Rp 20.000
* Dilayani oleh CS profesional dan ramah, 24 jam online
* Proses Depo & WD super cepat
* No ROBOT MURNI PLAYER VS PLAYER
* Bonus Referal 100% - 200%
* Bonus TO di bagikan tiap hari s/d 0.5%

Untuk Info Lebih Lanjut Contact CS Kami :

*Livechat
* No Telp : +85511817618
* BBM : 7A996166
* Instagram : andini putri
* Facebook : fenny shu

Posting Komentar

ShareThis