11 Maret 2012

Have Fun With Blogwalking


Membaca adalah proses yang paling penting dari seluruh kegiatan di social media. Blogger yang baik biasanya sangat rajin membaca blog-blog lain. Kegiatan ini biasanya disebut “blogwakling”. Namun proses paling penting ini juga merupakan hal yang paling sulit dan membosankan. Karenanya, berikut ini kami akan membahas beberapa trik yang dapat membuat perjalanan blog Anda menjadi semakin menyenangkan.

1. Follow Sang Penulis.
Kini sepertinya semua blogger sudah menyertakan akun social media lain dalam blog-nya seperti widget Pengikut, Twitter, Facebook atau Facebook Page, Google+, dan lain-lain. Hampir pasti mereka akan menyebarkan link menuju post terbaru blog mereka sebagai bagian dari promosi. Follow mereka di Twitter, berteman dengan mereka di Facebook, hal ini akan membuat Anda selalu update akan blog favorit anda sambil berjejaring sosial.



2. Gunakan Google Reader.

Google reader adalah aplikasi pembaca RSS feed paling populer di dunia. Google reader merupakan aplikasi yang mudah, cepat, bisa menyimpan jumlah feed yang sangat besar dan tentunya gratis. Jika Anda telah memiliki Google Account maka Anda tinggal mengakses http://reader.google.com




Kini, setiap anda mengunjungi blog seseorang carilah simbol seperti ini:



Copy alamat yang ada pada tombol tersebut (klik kanan "save link as.."), buka halaman google reader Anda dan klik tombol 'Add a subscription.' Selesai. Anda telah berlangganan blog tersebut. Kini Anda tidak perlu lagi menjelajahi blog-blog favorit Anda satu persatu.




3. Make It Automatic.

Gunakan aplikasi Google Alerts untuk secara otomatis mengirimkan link dari blog atau apapun yang terkait dengan kata kunci yang Anda cari ke email Anda. Silahkan akses http://alerts.google.com



Isi kata kunci yang terkait dengan blog Anda, misalnya: ‘kecantikan’ . Pilih type: “Everything” Tentukan seberapa sering Anda ingin menerima emailnya. Saya sarankan “Once a day” namun jika Anda ingin informasi tercepat pilih: “As-it-happens”.  Pilih “Only the best result” dan pilih email Anda. Selesai, setiap hari email anda akan berisi link menuju blog atau website yang sesuai dengan kata kunci Anda. Ulangi semua proses tadi untuk kata kunci yang berbeda.



4. Susun Dari Awal

Begitu Anda menjumpai blog yang anda suka, langsung susun dan kategorikan blog tersebut di Google Reader. Semakin sempit dan tersegment pengkategorian Anda akan semakin baik, terlebih lagi saat nanti jumlah blog yang Anda ikuti bertambah.






5. Buat Lebih Menyenangkan.

Gunakan aplikasi Feedly untuk pengalaman membaca Google Reader yang lebih menyenangan. Feedly akan merubah total tampilan Google Reader anda sehingga menyerupai majalah digital. Feedly juga akan terus merekomendasikan kepada anda blog-blog terkait yang mungkin anda suka. Install Feedly ke Google Chrome Anda secara gratis dengan klik tulisan Feedly ini.



6. Scan
Kecuali post tersebut benar-benar menarik, Anda tidak perlu membaca seluruh post tersebut dari awal sampai akhir. Scan saja bagian-bagian yang penting, temukan ide utama artikel tersebut untuk selanjutnya pindah ke blog lain sebelum Anda lelah membacanya.





7. Read Later

Mood adalah salah satu faktor kendala seseorang malas membaca. Jika setelah di scan ternyata artikel tersebut sangat menarik namun Anda belum menemukan mood membaca, segera bookmark, print, save, atau convert ke pdf untuk menyimpannya. Namun jangan lupa kategorikan semua file yang anda simpan dengan baik di komputer Anda. Google Reader dan Feedly juga memiliki fitur read later untuk artikel yang ingin Anda baca nanti J



8. Spread It

Menyebarkan suatu artikel yang Anda baca memiliki dua kelebihan, yaitu pertama : sang blogger tentunya akan merasa terbantu dengan Anda dan siapa tahu nantinya ia akan dengan senang hati membantu menyebarkan post Anda selanjutnya. Anggap saja sebagai modal membangun silaturahim. Kedua : dengan menyebarkan konten yang bermanfaat melalui saluran social media seperti Twitter dan Facebook, Anda tentunya sedang membangun kredibilitas Anda sendiri. Konten yang baik biasanya juga memancing percakapan yang siapa tahu bisa jadi bahan tulisan Anda selanjutnya.





9. Tinggalkan Kenang-kenangan

Jangan lupa untuk meninggalkan komentar dari blog-blog yang Anda kunjugi. Komentar berfungsi sebagai  portofolio mini Anda di blog tersebut, karenanya tinggalkanlah komentar yang relevan. Buktikan bahwa Anda benar-benar membaca blog-nya. Komentar yang baik akan menimbukan interaksi yang baik pula yang akan menguntungkan blog Anda sendiri.



10. Tetap Aktif Nge-Blog
Hanya ada satu kalimat yaitu menulis lagi, nge-blog lagi dan blogwalking ya :)



4 komentar:

Sinto mengatakan...

betul semua tuh poin2nya tapi yang nomor 10 ini yang aku takutin kalau sampai aku gak bisa ngeblog haduh betapa galau hati ini :D

Irda Handayani mengatakan...

@system of blog : hahahaha... yup, poin ke-10 inilah yang paling sulit :D

NF mengatakan...

bermanfaat sekali nih, terima kasih RBI :)

Irda Handayani mengatakan...

@NF : terima kasih kembali mb :)

Posting Komentar

ShareThis