24 Desember 2011

Ide Nge-Blog Untuk Memberdayakan Masyarakat


Pemberdayaan masyarakat merupakan salah satu kegiatan kemanusiaan yang selalu bertujuan untuk meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat pada umumnya. Kegiatan sederhana seperti ini sangat beragam bentuk dan rupanya, dan merupakan sumbangsih yang bersumber dari manapun juga. Baik itu bersumber dari suatu instansi pemerintah atau perusahaan, maupun bersumber dari seseorang atau sekumpulan orang.

Dewasa ini, pemberdayaan masyarakat seakan bukan menjadi hal yang awam lagi. Banyak sekali pemberdayaan masyarakat yang terdapat di sekitar kita, mulai dari pemberdayaan berupa perpustakaan keliling, taman bacaan gratis, rumah belajar untuk para anak jalanan, pendidikan moral bari para pelaku kejahatan, bahkan memperkenalkan bagaimana cara membudidayakan jamur tiram pun merupakan suatu bentuk pemberdayaan masyarakat.

Semua orang memiliki hak dan tanggung jawab yang sama untuk melakukan tindakan pemberdayaan ini, meskipun ide dan cara pelaksanaannya yang berbeda-beda namun tujuannya tetap sama, yaitu meningkatkan kualitas dan taraf hidup dari masyarakat itu sendiri.

Setiap orang sudah seharusnya memiliki ide-ide cemerlang untuk memberdayagunakan semua ilmu yang dimilikinya untuk membantu masyarakat di sekitarnya. Sharing ilmu merupakan suatu tindakan nyata yang patut mendapat anugerah dari sesama, yaitu anugerah yang berupa rasa bangga dan kecintaan untuk saling membantu, seperti yang diutarakan oleh sila kedua dalam Pancasila, “Kemanusiaan yang adil dan beradab” .

Bagi para pemberdaya ini, sebuah piala atau piagam bukanlah tujuan akhir yang ingin diraih mereka, namun justru keberhasilan dari orang-orang yang telah mendapat bimbingan dan mampu untuk merubah derajat kehidupannya, itulah sesungguhnya keberhasilan.

Salah satu contoh yang sedang digalakkan oleh Rumah Blog Indonesia ini adalah merupakan pemberdayaan masyarakat yang merujuk kepada ide nge-blog yang membumi. Dimana kegiatan nge-blog seperti ini bukan lagi hak milik para mahasiswa atau para pelajar seutuhnya, namun juga milik semua orang tanpa terkecuali.

Mungkin, bagi sebagian besar orang beranggapan bahwa kegiatan nge-blog seperti ini adalah hal sederhana dan mudah dipahami yang bisa dikerjakan oleh mereka dalam waktu singkat. Namun, bagi para orang-orang yang sama sekali tidak mengenal apa itu blog, hal semacam ini merupakan angin segar bagi mereka. Karena blog itu sendiri memiliki beragam fungsi yang bisa dimanfaatkan untuk menunjang kebutuhan mereka untuk beragam tujuan.

Sama seperti halnya demam jejaring sosial yang masih menggelanyuti setiap orang, maka blog pun akan dengan segera menghantui dan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari orang-orang tersebut. Melalui pemberdayaan dengan hal kecil seperti ini, diharapkan semoga semua orang yang memiliki keinginan untuk belajar dapat menjadi pribadi yang lebih berkualitas lagi karena mereka dapat mengabarkan kepada dunia tentang aktifitas berdaya mereka bukan hanya melalui jejaring sosial saja, namun juga melalui wadah kompleks yang disebut sebagai blog.

241211

1 komentar:

Romeo mengatakan...

artikel ini menarik dan bisa menambah wawasan baru, salam kunjungan

Posting Komentar

ShareThis