19 Desember 2011

Mahakarya Kolaborasi Musik di Indonesia

Salah satu kekayaan Indonesia adalah musik, baik itu musik modern maupun musik tradisional. Terdapat banyak konsep dan ide dari adanya pengkolaborasian antara kedua unsur musik yang berbeda itu menjadi suatu daya tarik tersendiri bagi para insan pencinta musik. Banyak karya besar yang mengagetkan dan membuat shock para penikmat musik dengan adanya kolaborasi antar genre musik ini.

Selera musik anak muda sekarang sudah sangat beragam, mulai dari pop, rock, jazz, dangdut, hip hop, reggae, dan genre lainnya. Genre itupun terbagi lagi menjadi beberapa aliran dengan segala ciri khasnya. Tidak berbeda dengan aliran musik modern, aliran musik yang mengangkat unsur tradisional pun tak kalah beragamnya. Apalagi bila terdapat kolaborasi unik dari genre-genre musik ini, menjadi sebuah mahakarya yang sangat fenomenal.

Sebut saja salah satu penyanyi muda Indonesia yang cukup terkenal, Bondan Prakoso yang duet dengan Fade2Black dan membawakan sebuah lagu yang berjudul Kroncong Protol. Lagu ini membawa angin segar bagi para penikmat musik, khususnya di Indonesia. Paduan antara musik hip hop yang ringan, plus sedikit siraman reggae di permak sedemikian rupa dengan alunan keroncong, membuat lagu ini menjadi hits yang ramai di bicarakan. Bahkan, para kritikus musik pun melirik tajam dengan adanya kolaborasi ini.


Lain lagi dengan seorang Viky Sianipar yang juga melakukan kolaborasi unik terhadap musik tradisional Batak dengan musik modern. Salah satu lagu yang sangat melekat adalah lagu Piso Surit yang dibawakan oleh Mega Sihombing dan didampingi langsung oleh permainan piano yang apik dari Viky Sianipar.


Dan tentu masih banyak musisi lainnya yang telah menghasilkan mahakarya melalui kolaborasi berbagai jenis musik. Bukan hanya karya nyata yang mendapat pujian dan di senangi banyak orang, tetapi ada hal yang lebih besar lagi terkandung di dalamnya. Pengakuan akan ke-eksis-an dari budaya musik tradisional oleh musik modern, perangkulan kembali musik tradisional dalam dekapan panggung musik oleh para insan musisi yang berjiwa modern.

Berbagai jenis alat musik yang menghasilkan bunyi khasnya masing-masing, berbagai variasi alunan nada yang dihasilkan, berbagai jenis suara dari para penyanyi membuat alunan nada menjadi tidak terasa sendiri, dan berbagai suara bahasa daerah yang mengiringinya menjadi sebuah mahakarya yang sempurna.

Begitulah salah satu karya anak bangsa yang menjadikan budaya kita menjadi begitu beragam, khususnya dalam dunia bermusik. Begitulah cara sederhana dari para anak bangsa untuk melestarikan budaya tradisional tanpa harus meninggalkan kepribadiannya sebagai jiwa muda yang merdeka dengan segala jenis musiknya. Semakin banyak kolaborasi yang mengangkat budaya tradisional ke kancah dunia musik adalah merupakan penghargaan tersendiri bagi bangsa Indonesia ini.

Bahwa masih banyak budaya tradisional yang bisa digali dan dijadikan sebagai mahakarya sejati. Bahwa rasa cinta terhadap budaya Indonesia yang tercipta dan terlihat melalui hal-hal yang beragam semakin membuat bangga terhadap bangsa ini. Bahwa jangan pernah ragu menghasilkan mahakarya-mahakarya berikutnya yang menonjolkan nilai tradisi dalam balutan modernisasi.

0 komentar:

Posting Komentar

ShareThis