13 Februari 2012

Aceh Pintar “1Men1Book4Aceh4Indonesia”


Apa itu “1Man1Book4Aceh4Indonesia”?
1Man1Book4Aceh4Indonesia adalah bagian dari gerakan literasi “Aceh Pintar” yang diprakarsai oleh Pengajar Muda Aceh Utara bersama Indonesia Menyala. Misi program ini adalah menitipkan pesan semangat pendidikan untuk anak-anak pelosok melalui penggalangan buku. Buku yang terkumpul kemudian akan didistribusikan ke sekolah dan daerah-daerah yang membutuhkan di wilayah Aceh.

Apa yang membedakannya dengan gerakan penggalangan buku lainnya?
Program ini menggunakan jejaring sosial sebagai salah satu sarana promosi. Mereka yang mengirimkan buku menuliskan alasan, semangat  atau pesan inspiratif dan kumpulan tulisan tersebut akan ditampilkan secara real time melalui jejaring sosial, untuk menggerakkan masyarakat lainnya (snowball movement). Kegiatan pengiriman buku akan bekerjasama dengan PT Pos Indonesia melalui PO BOX 1144.

Kenapa melalui kantor pos?
Kami berharap gerakan ini bisa menjangkau semua kalangan dan mudah dilakukan – mengirim pesan dalam buku semudah mengirim surat. Selain itu, dengan adanya persebaran kantor pos di daerah-daerah kami berharap gerakan ini akan menjangkau seluas-luasnya wilayah di Indonesia. Program ini juga sejalan dengan spirit PT Pos Indonesia yaitu “Satukan Nusantara”.

Kenapa memilih PO BOX 1144?
Angka 1144 mewakili dari tajuk gerakan ini sendiri yaitu “1Man1Book4Aceh4Indonesia”. PO BOX ini juga akan dijadikan sebagai hastag dalam mempromosikannya di sosial media, sehingga #POBOX1144 menjadi identitas gerakan ini.

Bagaimana buku-buku ini akan disalurkan?
Buku yang terkumpul akan disalurkan ke sekolah dan daerah melalui perpustakaan keliling. Dalam hal ini, kami bekerja sama dengan Perpustakaan Daerah Aceh Utara. Ke depannya, donasi buku yang dikumpulkan juga dapat dikembangkan untuk membangun Taman Bacaan Masyarakat.

Apakah perpustakaan keliling hanya untuk meminjamkan buku?
Perpustakaan keliling tidak sekedar berupa kendaraan yang membawa buku bacaan, datang ke sebuah tempat berkumpul masyarakat, berada di sana dalam durasi tertentu, kemudian pulang. Perpustakaan keliling dalam program kami selain menjalankan fungsi perpustakaan juga sebagai media informasi yang dapat membuka cakrawala anak-anak di daerah, sekaligus sebagai media promosi berbagai kegiatan perlombaan agar bisa diketahui hingga ke pelosok-pelosok daerah. Pengelolaan kegiatan ini juga dijalankan atas kerjasama Pengajar Muda dan Indonesia Menyala dengan komunitas pendidikan yang ada di Aceh. Kegiatan yang diselenggarakan bersama perpustakaan keliling dirancang dapat memicu kreativitas anak-anak, juga sebagai media informasi (misalnya : Lomba dan beasiswa) sehingga cita-cita “Aceh Pintar” bisa tercapai.

Bagaimana caranya jika saya ingin menyumbang buku?
Kirimkan donasi buku Anda melalui pos ke PO BOX 114 Lhokseumawe 24300. Jangan lupa, selain mengirimkan buku sertakan pula pesan di dalamnya. Pesan ini bisa berupa semangat, kata inspiratif, alasan atau bahkan harapan Anda dalam menyumbangkan buku tersebut. Pesan ini yang kemudian akan ditampilkan melalui akun jejaring @AcehManyala.

Wah, saya tidak punya akun jejaring sosial atau saya tidak ingin mempublikasikan donasi saya?
Tidak masalah. Yang kami fokuskan bukanlah publikasi personal donator, melainkan penyebaran pesan semangat yang Anda sampaikan bersamaan dengan buku donasi Anda. Pesan semangat itulah yang kami harapkan akan menyebar dan menginspirasi orang lain untuk berbuat hal yang sama sehingga gerakan literasi di dunia maya bisa menjadi sebuah tren baru yang edukatif dan inspiratif.

Dimana saya bisa menuliskan pesannya?
Anda bisa menuliskan pesannya di buku yang Anda sumbang, di secarik sticky note, kertas atau kartu pos yang Anda sertakan bersama buku yang Anda kirimkan.

Buku-buku apa yang bisa saya sumbangkan?
Anda dapat memberikan buku anak-anak baru maupun lama yang masih layak pakai kepada kami. Jenis bukunya diutamakan buku/ materi yang mendidik, seperti komik anak (non-serial cantik dan non-dewasa), komik edukasi, novel anak, buku cerita/dongeng anak (termasuk di dalamnya cerita rakyatm buku cerita bergambar, dll). Buku pelajaran SD (diutamakan kurikulum terbaru). Buku pengetahuan (ensiklopedi, buku asal-usul/penemuan sesuatu, RPUL, NatGeo, dll). Buku keagamaan untuk anak. Majalah anak. Atlas dan peta. Mainan edukasi. Video documenter, pengetahuan dan lain-lain.

Apakah hanya boleh menyumbang satu buku bagi satu orang?
Tidak. Kami tidak berharap setidak-tidaknya satu orang bisa mengirimkan satu buah buku. Namun, jumlah buku yang ingin Anda sumbangkan tidak kami batasi. Anda bisa menyumbang sebanyak yang Anda inginkan dan sesering yang Anda mau.

Bagaimana cara saya mendukung gerakan ini jika sudah mengirimkan buku?
Follow twitter @AcehMenyala atau join di grup facebook Kawan Pengajar Muda Aceh Utara untuk mengetahui rilis terbaru mengenai pesan semangat Anda dan respon anak-anak. Untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi email penyala.aceh@gmail.com. Pastikan Anda menjadi bagian dari “1Men1Book4Aceh4Indonesia” dan simak terus kisah para pengajar muda di http://indonesiamengajar.org/cerita-pm/ . Karena Anda adalah inspirasi dan penyala harapan untuk anak-anak Indonesia.

…let’s aspire your inspire before you expired…

**Info lebih lanjut CP : Fe 087878450574


4 komentar:

Nich mengatakan...

Waah, ini movement yang baik sekali
*bongkar gudang*

Irda Handayani mengatakan...

yup... :)
Ayo kita bantu gerakan seperti ini ^^

Nurmayanti Zain mengatakan...

bagus yaaa~ gerakan pembaharuan untuk lebih maju :D
masyaAllah, semangat!
mbak irdaaa...
dapat award nih dariku :) diterima ya
--lihat juga pengumuman pemenang giveaway kemilau cahaya emas~
http://www.nurmayantizain.com/2012/02/pemenang-giveaway.html

Irda Handayani mengatakan...

Semangat mb \\^___^//
Iya, tadi saya sudah baca pengumumannya mb. Alhamdulillah... terima kasih banyak :D

Posting Komentar

ShareThis