9 Januari 2012

Jadilah Penulis yang Kreatif Mengolah SiKon (Situasi-Kondisi)


Ketika Anda memutuskan untuk menjadi seorang penulis atau Anda menyukai dan merasa sangat nyaman dengan dunia tulis menulis, maka Anda akan memiliki kebiasaan untuk mengambil hal-hal unik yang ada di sekitar Anda dan segera menuangkannya ke dalam sebuah tulisan, atau Anda dapat mengembangkan imajinasi seluas-luasnya ke dalam bentuk novel.

Bila Anda menyukai dunia petualang sekaligus dunia menulis, kedua hal tersebut merupakan senjata pamungkas Anda. Berpetualang juga tidak harus melakukan perjalanan ke beberapa tempat bernuansa alam atau berpergian ke daerah yang unik lainnya, tapi berpetualanglah sesuai dengan kemampuan Anda. Perjalanan dari rumah ke arah kantor pun merupakan petualangan yang singkat dengan catatan Anda bisa menangkap berbagai momen penting, unik dan seru yang bisa Anda temui selama melakukan perjalanan itu.

Mungkin Anda akan mengatakan “Kejadian apa yang seru, wong setiap hari perjalanan dari rumah ke kantor begitu-begitu saja, macet nggak karuan”. Kalau Anda berpikir demikian, maka akan terjadilah kejadian seperti itu. Namun, bila Anda bisa merubah sedikit saja dari mind set Anda dan menggunakan kacamata keunikan Anda sendiri, maka hal yang tampak biasa akan menjadi luar biasa J

Coba Anda menganggap bahwa diri Anda adalah seorang reporter yang sedang bertugas untuk meliput berita di mana pun, kapan pun, dan dalam situasi kondisi apa pun, pasti merupakan suatu spirit yang unik dan akan selalu menggelitik naluri penulis Anda. Dan dengan segera Anda akan bisa menggali potensi kejadian biasa menjadi sebuah tulisan reportase yang menyita perhatian pembaca tulisan Anda.

Bila kiblat tulisan Anda ber-genre fiksi, baik untuk cerpen, cerbung atau novel, berpetualang sejenak juga bisa membuat pikiran Anda lebih fresh dan melahirkan ide-ide segar dan baru. Bukan tidak mungkin karakter dan tokoh baru akan Anda dapatkan ketika sedang menunggu di jalur lampu lalu lintas berwarna merah dan ketika mata Anda berkeliling memperhatikan suasana keramaian di simpang jalan itu. Hal yang tampak mustahil bagi yang berpikir mustahil, tapi akan menjadi hal yang nyata bagi seorang penulis yang memiliki imajinasi tinggi.

Jadi, nikmatilah suasana di manapun Anda berada dan bawalah sebanyak-banyaknya ide kreatif dari sudut yang menurut Anda unik, seru dan bisa diolah menjadi sebuah naskah yang bermutu. Menjadi seorang penulis harus selalu siap menelurkan berbagai karya yang kreatif dan Anda dapat menemukannya dari diri Anda sendiri dan dari lingkungan sekitar.

Selamat menulis J


090112

0 komentar:

Posting Komentar

ShareThis