16 Januari 2012

penyaIR (PEde NYAnyi Indonesia Raya)


Besok adalah tanggal 17 pertama di tahun 2012. Sebagai anggota dari komunitas pedemunegeRI, kami dihimbau agar melakukan sebuah kegiatan untuk menjaga rasa cinta kepada bangsa Indonesia, kegiatan tersebut adalah menyanyikan lagu Indonesia Raya. Diharapkan dengan adanya kegiatan sederhana seperti ini dapat menumbuhkan dan membangkitkan rasa kecintaan dan rasa nasionalisme dari para anak-anak bangsa.

Secara pribadi, saya sendiri sangat mendukung adanya kegiatan seperti ini, sebuah langkah kecil untuk mengenang kembali perjuangan para pahlawan yang telah mempertaruhkan hidupnya demi merebut kemerdekaan Indonesia.

Kegiatan ini diharapkan dapat berjalan secara kontinyu setiap bulannya, sehingga kita tidak hanya menyanyikan lagu Indonesia Raya ketika tanggal 17 Agustus saja atau ketika upacara bendera setiap hari Senin yang sebagian besar dilakukan dengan rasa terpaksa.

Ada segelintir rasa merinding ketika menyanyikan kembali lagu sakral tersebut, mungkin tidak semua orang mengalami rasa seperti ini. Saya masih cinta dan tetap cinta apapun keadaan bangsa ini, karena seperti pada lazimnya rasa cinta, dimana tidak membutuhkan syarat dan alasan khusus untuk perasaan cinta itu sendiri.


Saya sendiri sudah mempunyai rencana untuk besok pagi, mengajak sepupu kecil saya yang masih berusia 2 tahun untuk bersama-sama menyanyikan lagu Indonesia Raya dan saya berjanji untuk tetap berkomitmen melakukannya pada tanggal 17 setiap bulan, bila perlu setiap hari saya akan menyanyikannya dan menjadikannya sebagai lagu wajib menyambut pagi.

Ide untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya pada tanggal 17 setiap bulan adalah sebuah ide brilliant yang mengingatkan kembali tentang masa-masa indah ketika melaksanakan upacara bendera dulu, saya rindu saat-saat sakral seperti itu. Khususnya ketika tanggal 17 Agustus tiba, dengan bangga saya akan bercerita tentang kebanggaan saya menjadi salah satu anggota Paskibra di sekolah SMU, 12 tahun yang lalu. Saya masih cinta padamu Indonesia.

Terlebih, saya ingin agar sepupu saya itu belajar dan hapal dengan lagu Indonesia Raya, saya tidak ingin dia hanya bisa menghapal lagu-lagu dari negeri ginseng yang masih booming saat ini. Saya ingin menyakinkan kepadanya bahwa lagu Indonesia Raya itu tidak kalah kerennya dengan lagu-lagu beat dari para boyband dan girlband yang tidak mengandung rasa nasionalisme sama sekali. Saya ingin membuat orang lain ikut merasakan cinta kepada Indonesia.

Apakah Anda tertarik untuk mengikuti kegiatan ini? Apakah masih ada rasa cinta Anda kepada Indonesia? Apakah Anda siap menjadi penyaIR (PEde NYAnyi Indonesia Raya)?


@pedemunegeRI


160112

0 komentar:

Posting Komentar

ShareThis