27 Januari 2012

Widget Keren Untuk Blog – Report of Visitor



Widget keren yang akan dibahas kali ini berkaitan dengan rangkuman laporan para pengunjung blog Anda, dimana laporan tersebut berupa widget keren yang berbentuk unik dan dapat disesuaikan dengan tema blog Anda.

Flag Counter
Widget yang menampilkan laporan orang-orang yang telah mengunjungi blog Anda. Laporan ini dapat Anda atur sesuai dengan yang Anda inginkan. Pengaturan laporannya berdasarkan jumlah, asal negara yang terdiri dari gambar bendera dan kode negaranya. Anda juga dapat mengatur settingan warna dan disesuaikan dengan tampilan blog Anda.

Langkah-langkah untuk mendapatkan script widget Flag Counter, yaitu :

1.       Buka jendela web browser yang baru dan ketikkan alamat ini  http://s03.flagcounter.com/index.html

2.       Tampilan web Flag Counter seperti gambar di bawah ini.



3.   Anda dapat langsung mengatur setting-an yang telah disediakan untuk membuat widget Flag Counter Anda. Baik itu untuk mengatur berapa banyak jumlah Negara yang akan ditampilkan, berapa banyak kolom dari daftar pengunjung, nama labelnya, pengaturan bendera dan kode negara, hingga warna latar dan tulisan dapat Anda sesuaikan dengan tampilan blog Anda.

4.     Jika pengaturan setting sudah selesai Anda kerjakan, kemudian Anda klik tombol berwarna kuning yang bertuliskan GET YOUR FLAG COUNTER.

5.     Akan keluar kolom dialog seperti pada gambar di bawah ini. Anda dapat mengisi alamat email di kolom YOUR EMAIL dan kemudian melanjutkan ke langkah berikutnya dengan menekan tombol CONTINUE, atau Anda dapat melewatkan dialog ini dengan menekan tombol yang bertuliskan SKIP (Anda tidak harus mengisi kolom email tersebut).



6.       Kemudian keluar halaman yang menampilkan script widget Flag Counter milik Anda.



7.       Anda dapat memilih melakukan tindakan copy-paste dengan merujuk pada poin nomor 1 di atas. Dimana Anda harus meng-input script tersebut ke dalam widget HTML/JavaScript yang ada di di halaman RANCANGAN blog Anda.

8.       Atau, Anda dapat langsung menambahkan widget tersebut secara otomatis dengan mengarahkan kursor dan menekan lambang Blogger (B) seperti yang ditunjukkan pada poin nomor 2 di atas. Dan secara otomatis widget itu akan ditambahkan ke dalam blog Anda.



Histats
Widget yang fungsinya sama dengan widget flag counter di atas, namun yang membedakannya adalah pengaturan dan berbagai macam tampilan yang lebih eye catching untuk blog Anda.

Langkah-langkah untuk mendapatkan script widget Histats, yaitu :
1.       Buka jendela web browser yang baru dan ketikkan alamat ini http://www.histats.com

2.       Tampilan web Flag Counter seperti gambar di bawah ini.



3.      Anda harus mendaftar terlebih dahulu, karena untuk mendapatkan script widget yang Anda inginkan Anda harus membuat akun Histats. Input alamat blog Anda di kolom yang bertuliskan REGISTER YOUR WEBSITE, misalnya www.rumahblogindonesia.co.cc. Kemudian klik tombol yang bertuliskan REGISTER.

4.       Tampilan halaman berikutnya yaitu :



5.       Isilah semua kolom sesuai dengan data-data pribadi dan blog Anda. Setelah selesai mengisi semua kolom tersebut, inputlah kode verifikasi dan klik tombol REGISTER.

6.   Tunggu beberapa saat hingga email notification di kirim dari pihak Histats sebagai kode untuk mengaktifkan akun Anda.

7.       Bila email notification tersebut telah Anda terima, maka copy-paste atau klik link yang mereka kirimkan. Anda akan kembali dibawa ke halaman awal dari Histats, kemudian Anda input-kan alamat email dan password Anda pada kolom yang terletak pada bagian kanan atas sebagai proses log in ke dalam akun Histats Anda.

8.       Setelah log in, Anda akan di bawa ke halaman seperti pada gambar di bawah ini :



9.       Poin nomor 1 adalah menu Control Panel, tempat Anda akan melakukan setting-an terhadap akun Histats Anda. Sedangkan poin nomor 2 adalah tombol untuk melakukan log out dan keluar dari akun Histats.

10.   Silahkan Anda klik menu Control Panel dan akan keluar tampilan seperti ini :



11.   Arahkan kursor ke alamat blog Anda, kemudian klik. Anda akan dibawa ke halaman berikutnya.



12.   Gambar di atas merupakan laporan lengkap tentang aktivitas blog Anda di dunia maya. Kami tidak akan membahas detail dari setiap sub-menu yang menampilkan berbagai macam bentuk laporan tersebut. Jadi, Anda klik menu yang berada di pojok kanan atas yang bertuliskan COUNTER CODE.

13.   Pada halaman berikutnya ini, Anda akan melakukan langkah berikutnya. Poin nomor 1 adalah keterangan yang menunjukkan bahwa Anda telah memiliki widget yang telah dibuat sebelumnya, namun karena Anda baru saja membuat akun Histats, maka apa yang ditampilkan pada poin nomor 1 tidak akan muncul. Selanjutnya, Anda klik sub-menu yang ditunjukkan pada poin nomor 2.



14.   Pilihlah tampilan widget Histats yang Anda inginkan. Lihat semua tampilan yang menurut Anda keren dan cocok di pajang di blog Anda. Terdapat 9 pilihan menu yang memberikan tampilan widget yang beragam bentuk, corak, warna dan fungsi.



15.   Setelah selesai memilih dan memutuskan tampilan widget mana yang akan Anda gunakan, arahkan kursor dan klik-lah widget tersebut.

16.   Pada langkah berikutnya Anda akan dibawa ke halaman pengaturan tampilan widget, seperti pengaturan untuk warna dan informasi atau laporan apa yang akan ditampilkan pada widget tersebut.



17.   Setelah selesai melakukan pengaturan, klik-lah tombol SAVE untuk menyimpan perubahan tampilan widget Anda. Kemudian, Anda akan kembali di bawa ke halaman seperti pada langkah nomor 3, tetapi pada halaman ini, Anda akan bsia melihat COUNTER ID widget yang baru saja Anda buat.



18.   Poin nomor 1 adalah nomor Counter ID widget Histats Anda. Sedangkan poin nomor 2 adalah tombol untuk menghapus widget tersebut. Sekarang, Anda klik Counter ID widget yang ditampilkan pada seperti pada poin nomor 1 di atas.

19.   Pada halaman ini, Anda akan melihat script HTM/JavaScript dari widget Histats Anda. Block semua script tersebut, lakukan tindakan copy, bisa dengan me-klik kanan mouse Anda dan memilih tulisan COPY atau menekan tombol CTRL dan huruf C secara bersamaan dari keyboard Anda.



20.   Log in ke akun blog Anda dan pilihlah menu RANCANGAN dari halaman Dasbor. Seperti yang telah dijelaskan pada materi sebelumnya, Anda harus menambahkan widget Histats ini melalui widget/gadget HTML/JavaScript.

21.   Setelah jendela widget/gadget HTML/JavaScript terbuka, Anda paste-kan semua script Histats yang Anda copy tadi. Save dan lihat perubahannya pada blog Anda.

22.       Tampilan widget Flag Counter yang telah selesai dan ditambahkan ke dalam blog kami.



Selamat mencoba semoga blog Anda semakin keren dengan tambahan widget ini. Tunggu tambahan materi widget keren berikutnya (masih ada loh) di Training Online Nge-Blog Bersama Rumah Blog Indonesia ya J


5 komentar:

BlogS of Hariyanto mengatakan...

informasi menarik tentang widget-widget yang super keren :-)

Irda Handayani mengatakan...

@BlogS of Hariyanto : Terima kasih :)
Mampir kembali ya...

My Story mengatakan...

Mbak irda...puyeng ini, gak ngerti...maaf ya malam minggu kemarin gak sempat ikut TO nya mbak :)

Irda Handayani mengatakan...

@My Story : Sabar mb :) Tidak mengertinya di bagian yang mana? Nanti saya ajarkan secara online di grup fb ya :)

Lana mengatakan...

keren bang

www.islamku.cf

Posting Komentar

ShareThis