14 April 2012

Link Juice


Seperti janji RBI kemarin pada artikel Perfect Link, maka kali ini kami akan membagikan informasi dan pengetahuan tentang apa itu Link Juice. Hhhmmm… ketika mendengar kata “juice” yang ada di pikiran adalah sari buah-buahan atau sayuran yang segar dan cocok banget diminum pada siang terik seperti ini J Eits, apa yang akan dibahas tentu tidak berkaitan dengan “juice” tersebut, melainkan tentang istilah di dunia internet atau lebih tepatnya istilah tentang jalur lalu lintas link yang ada di dunia internet.


Link Juice adalah mata uang dari Google. Dengan kata lain, memungkinkan Anda untuk mengalahkan pesaing Anda untuk peringkat di Google. Ada beberapa faktor mengapa menggunakan Google untuk menghitung peringkat, tapi link juice adalah aspek yang paling penting, baik untuk mencapai page rank yang diinginkan maupun untuk mendominasi dan memahami Google.


Link Juice atau Link Point  merupakan istilah yang digunakan untuk mengekspresikan jumlah page rangking yang diberikan kepada sebuah halaman yang berasal dari link external dan kualitas atau bobot yang bisa diberikan oleh sebuah blog ke blog lain dengan menggunakan link. Jika anda membeli sebuah link atau backlink dari blog lain maka pastikan dimana link Anda akan ditempatkan. Lokasi link anda menentukan bobot link tersebut. Walaupun demikian, link juice juga diukur berdasarkan jumlah visitor dengan IP Unik yang dihasilkan oleh sebuah link.

Google telah mengubah caranya untuk menghitung link, baik dari blog maupun dari situs. Beberapa orang menyadari bahwa beberapa blog/situs telah berusaha mengubah cara agar Page Rank mengalir dalam blog/situs mereka, tetapi blog/situs tersebut pada akhirnya tidak masuk bagian dari blog/situs tersebut meski pun mereka memiliki informasi yang berkualitas tinggi (misalnya forum pengguna).
  
Google akan melihat link untuk menentukan mana dari kedua blog ini yang terbaik. Pada tingkat yang paling dasar, katakanlah Situs A mendapatkan sebuah link dari suatu situs simana Situs B tidak mendapatkannya :

Situs A sekarang terlihat lebih baik kepada Google dan akan mengungguli Situs B. Misalnya kita mengatakan bahwa Situs C memutuskan untuk link ke situs B, maka:




Sekarang mereka berdua terlihat sama ke Google, yang sekarang harus melihat faktor lain untuk menentukan peringkat mana yang terbaik. Meskipun ada faktor lain, namun tidak satupun dari mereka terlihat sama pentingnya dengan faktor link juice.

Mari kita menambahkan dua situs baru ke dalam campuran untuk lebih menggambarkan skenario yang berbeda yang dapat terjadi :

Lihat contoh ilustrasi di atas, kita sekarang memiliki Situs D yang menghubungkan dirinya ke Situs A dan Situs E yang menghubungkan dirinya ke Situs B. Untuk mengetahui situs yang lebih baik antara Situs Situs A atau Situs B, maka Google harus melihat situs yang terhubung ke Situs D dan Situs E tersebut.


Pada ilustrasi di atas, terlihat bahwa Situs D memiliki link juice lebih dari Situs E karena mendapatkan link dari situs F, Situs G, dan Situs H. Itu berarti bahwa Situs A memiliki link juice lebih dari Situs B. Oleh karena itu, Google menganggap bahwa Situs A telah mengungguli Situs B.

Google mampu memetakan hubungan link keluar pada skala besar. Untuk kata kunci kompetitif, blog/situs yang memiliki jutaan peringkat link dari blog/situs lain, yang juga memiliki ratusan ribu link dari blog/situs lain, yang memiliki link dari situs lain (nah loh, bingung nggak tuh?). Ada juga kata kunci non-kompetitif yang akan memerlukan sangat sedikit link untuk mendapatkan peringkat  nomor 1 dalam Google.

Setiap kata kunci berbeda dan jika Anda ingin menduduki peringkat nomor 1 untuk kata kunci Anda, maka tugas Anda adalah mendapatkan link juice lebih banyak dibandingkan dengan blog lainnya yang saat ini muncul untuk kata kunci tersebut.

Seperti kita ketahui backlink menentukan sukses kita di search engine. Link juice memberikan bobot tentang kualitas dari backlink tersebut dan ini merupakan Teknik Penggunaan Link Juice untuk SEO:
1.      Pahami Halaman Penempatan Link
Jika blog Anda akan di-link-kan dari atau ke blog/situs orang lain selain home page atau halaman depan, maka pastikan bahwa Anda mengetahui dimana link yang akan Anda tempatkan pada blog/situs tersebut.
2.      Link ke Luar Blog Tidak Boleh Lebih Dari 100 link
Perhatikan halaman dimana link Anda akan ditempatkan. Jika halaman tersebut memiliki link keluar atau outbound link atau external link lebih dari 100, maka kualitas link di halaman tersebut tidak baik.
3.      Jumlah Iklan atau Link Sponsor Kurang Dari 25
Iklan atau link ke sponsor tidak boleh lebih dari 25 link. Lebih bagus lagi bila jumlahnya dibawah 16 link.
4.      Google Adwords Maksimal 2
Blog yang memiliki iklan Google Adwords atau adsense lebih dari 2 tidak banyak membantu blog Anda.
5.      Page Rangking
Blog harus memiliki minimal page ranking 3 atau lebih baik dari itu, karena blog dengan page ranking di bawah 3 menandakan bahwa link-nya kurang berkualitas.

**Dari berbagai sumber

4 komentar:

Dini Haiti Zulfany mengatakan...

Wowww, baru tau nih saya ada istilah link juice :D

Berhubung page rank blog saya masih dibawah 3 *nangis :(((* maka saya belum bisa gunakan link juice..

Irda Handayani mengatakan...

@diniehz : sabar mb, page rank itu bukan masalah besar bagi blogger sejati, selama masih bisa berkarya dan berbagi pengetahuan dengan orang lain, itu artinya page rank kita 10 di mata Tuhan, amin :)

NF mengatakan...

ooo begituuu... *manggut2 mencoba mengerti* sampe saiki aku belum mengerti apa itu SEO mbak, yang penting ngeblog aja :D

Irda Handayani mengatakan...

@NF : seeeepppp.... yang penting tetap berkarya dan bermanfaat bagi orang lain :D

Posting Komentar

ShareThis