22 April 2012

Transformasi Dasbor Blogspot


Beberapa saat yang lalu, RBI pernah membuat materi tentang dasbor Blogspot yang lama dengan judul Cara Mengelola Dasbor Blogspot , ternyata sekarang tampilan dasbor Blogspot malah berubah :D

Sebenarnya, sejak adanya pemberitahuan dari Blogspot tentang perubahan (transformasi) ini, kami tidak mengindahkannya, karena merasa telah nyaman menggunakan tampilan dasbor yang lama. Ternyata, mau tidak mau dan meski pun telah dipertahankan, pada akhirnya tampilan dasbor-nya berubah juga sesuai dengan peraturan dari mereka, jadi, untuk sekali lagi, mau tidak mau kita harus menyesuaikan diri dengan tampilan dasbor yang baru ini. Tetapi, ada untungnya juga membuat materi tentang dasbor Blogspot yang lama, sebagai kenang-kenangan J

Baiklah, mari kita bedah dan mempelajari dasbor Blogspot yang baru ini.

1.     Seperti biasa, log in ke blog Anda di alamat www.blogger.com dengan menggunakan username dan password Anda masing-masing.

2.   Anda akan langsung menuju ke halaman Dasbor, berikut ini perbandingan tampilan dasbor yang lama dan yang baru.


3.     Pada gambar di bawah ini, terdapat tampilan utama dari halaman dasbor Blogspot yang baru, yaitu :
a. Poin nomor 1 : Nama akun gmail atau akun Blogspot Anda
b. Poin nomor 2 : Pilihan bahasa yang digunakan pada blog Anda
c. Poin nomor 3 : Menu khusus dari Blogspot yang terdiri atas Bantuan Blogger, Kirim masukan, Edit pemberitahuan, Terhubung ke Google+, Antarmuka Blogger lawas, Tentang tampilan baru kami
d. Poin nomor 4 : Menu untuk membuat blog baru
e. Poin nomor 5 : Menu untuk membuat entri tulisan baru
f. Poin nomor 6 : Menu daftar entri yang terdiri atas Ikhtisar, Post, Laman, Komentar, Statistik, Tata Letak, Template, Setelan **akan dibahas pada poin berikutnya
g.Poin nomor 7 : Menu untuk melihat blog Anda


4.     Untuk melihat tampilan menu daftar entri pada blog Anda, silahkan klik nama blog tersebut. Sebagai contoh, kami akan meng-klik Rumah Blog Indonesia sehingga tampil halaman seperti ini :


5.       Pada menu Ikhtisar, Anda akan mendapatkan informasi tentang blog Anda yang mencakup :
a.  Penayangan
b. Pembaharuan (Komentar yang menunggu untuk di moderasi, Komentar yang diterbitkan, Penayangan hari ini, Jumlah posting, dan Pengikut)
c.  Panduan Blogger
d.  Blog Pilihan Terbaru
e.  Berita dari Blogger

6.  Pada menu Post, terdapat dua buah sub-menu, yaitu Semua dan Diterbitkan. Sub-menu Semua menampilkan semua entri tulisan yang telah Anda posting, sedangkan sub-menu Diterbitkan hanya menampilkan entri tulisan yang telah diterbitkan (dipublikasikan).
a. Poin 1 :  Anda dapat memberikan label pada postingan yang telah Anda pilih
b. Poin 2 : Untuk menerbitkan/mempublikasikan tulisan Anda
c. Poin 3 : Anda dapat melihat tulisan-tulisan yang belum pernah diterbitkan dan masuk ke dalam halaman draft
d. Poin 4 : Untuk menghapus entri yang telah Anda pilih
e. Poin 5 : Untuk melakukan edit, lihat dan hapus entri yang telah Anda pilih
f. Poin 6 : Daftar label yang telah Anda sematkan di semua postingan tulisan Anda
g. Poin 7 : Menampilkan jumlah komentar yang ada pada postingan tersebut
h. Poin 8 : Menampilkan jumlah tampilan postingan tersebut
i. Poin 9 : menampilkan jumlah entri dalam satu halaman


7.       Pada menu Laman, terdapat tiga poin, yaitu :
a. Poin 1 : Laman Baru untuk membuat halaman baru atau membuat halaman yang akan mebawa pengungjung ke halaman blog yang lain
b. Poin 2 : Penentuan posisi dari deretan halaman tambahan ini, apakah Anda akan meletakkannya di posisi paling atas, atau di tautan samping, atau tidak menampilkan halaman ini sama sekali
c.  Poin 3 : Daftar halaman tambahan yang ada pada blog Anda


8. Pada menu Komentar, terdapat dua sub-menu, yaitu Diterbitkan dan Spam. Pada halaman Diterbitkan, akan memperlihatkan semua komentar masuk ke blog Anda yang telah disetujui dan diterbitkan/dipublikasikan. Sedangkan pada halaman Span memperlihatkan semua komentar yang masuk dan dianggap spam oleh Blogspot.
Anda bisa melakukan beberapa tindakan untuk semua komentar yang masuk ke blog Anda, yaitu :
a.       Poin 1 : Anda dapat menghapus konten, menghapus komentar atau menempatkan komentar sebagai spam
b.      Poin 2 : Menunjukkan nomor halaman komentar dari total keseluruhan halaman
c.       Poin 3 : Menunjukkan jumlah komentar yang diperlihatkan dalam satu halaman
 


9.    Pada menu Statistik, adalah halaman tempat dimana Anda bisa melihat laporan statistik blog. Sub-menu yang terdapat pada halaman ini memiliki konsep yang sama dengan pengaturan dasbor versi lama, yaitu terdiri atas empat sub-menu, yaitu Ikhtisar, Post, Sumber Lalu Lintas, dan Pemirsa.
a.    Sub-menu yang pertama adalah Ikhtisar, adalah tempat dimana Anda bisa melihat laporan statistik blog berdasarkan Sekarang, Hari, Minggu, Bulan atau Setiap Saat.


b.  Sub-menu yang ke-dua adalah Post, adalah tempat dimana Anda bisa melihat laporan postingan dan halaman. Laporan ini juga berdasarkan Sekarang, Hari, Minggu, Bulan atau Setiap Saat.


c.  Sub-menu yang ke-tiga adalah Sumber Lalu Lintas, adalah tempat dimana Anda bisa melihat laporan lalu lintas blog Anda. Laporan ini terdiri atas URL Perujuk, Situs Perujuk, Telusuri Kata Kunci, laporan ini juga berdasarkan Sekarang, Hari, Minggu, Bulan atau Setiap Saat.


d.     Sub-menu yang ke-empat adalah Pemirsa, adalah tempat dimana Anda bisa melihat laporan “pemirsa” blog Anda. Laporan ini terdiri atas Penayangan Menurut Negara, Penayangan Menurut Browser, dan Penayangan Menurut Sistem Operasi, laporan ini juga berdasarkan Sekarang, Hari, Minggu, Bulan atau Setiap Saat.


10.   Bila pada dasbor versi lama terdapat sebuah menu yang berjudul SETELAN tempat dimana Anda bisa melakukan pengaturan apa pun terkait blog termasuk untuk melakukan perubahan letak atau posisi template, namun pada dasbor versi baru ini pengaturan tersebut dipisah. Terdapat satu menu khusus yang bernama Tata Letak, tempat dimana Anda hanya bisa melakukan perubahan posisi dari setiap komponen/elemen pengisi blog Anda. Pada halaman ini Anda juga bisa menambahkan beberapa elemen tambahan seperti widget/gadget.


11. Anda dapat melakukan pengaturan atau melakukan tindakan manipulasi script HTML/JavaScript pada menu berikutnya, yaitu Template.


Pada halaman ini, Anda akan melihat beberapa pilihan template, dan beberapa poin seperti berikut ini :
a.    Poin 1 : Ubahsesuaikan akan menampilkan halaman untuk pengaturan dasar template blog Anda. Tentang hal ini telah kami bahas sebelumnya dan dapat Anda lihat pada Mempercantik Blog Dengan Template


b.      Poin 2 : Edit HTML akan membawa Anda ke sebuah jendela baru, dimana terdapat beberapa option, yaitu Lanjutkan, Buka Perancang Template dan Batal. Bila Anda memilih option Lanjutkan, maka Anda akan menuju ke halaman tempat script-script HTML/JavaScript berada, di sini Anda bisa melakukan manipulasi script tersebut. Bila Anda memilih option Buka Perancang Template, maka Anda akan menuju ke halaman Ubahsesuaikan tadi.


c.  Poin 3 : Ubahsesuaikan Template Seluler adalah pengaturan blog Anda ke dunia mobile (seluler). Anda bisa memilih apakah blog Anda disesuaikan dengan perangkat seluler atau tidak.


12.   Pada menu Setelan, terdapat enam sub-menu, yaitu :
a.  Sub-menu Dasar : Pada halaman ini, Anda bisa melakukan perubahan terhadap judul, deskripsi atau pun alamat blog Anda. Anda bisa melakukan pengaturan tentang privasi blog, menambahkan penulis baru, atau mengatur siapa saja yang diperbolehkan untuk membaca blog Anda.


b.    Sub-menu Pos dan Komentar : Menunjukkan pengaturan untuk postingan dan komentar yang masuk. Tidak banyak yang berubah dari halaman ini, hanya tampilannya saja yang berubah, sedangkan fungsinya masih sama seperti pengaturan tentang postingan dan komentar yang ada di dasbor versi lama.


c.       Sub-menu Seluler dan Email : Menunjukkan pengaturan untuk perangkat seluler dan email.

                                                    
d.      Sub-menu Bahasa dan Pemformatan : Anda dapat mengatur bahasa yang digunakan di blog Anda, juga pengaturan tentang format waktu dan penanggalan.


e.      Sub-menu Preferensi Penelusuran : Terdapat beberapa option, yaitu Tag Meta, tempat Anda meletakkan deskripsi singkat tentang blog Anda yang akan disimpan oleh search engine. Kesalahan dan Pengalihan, tempat dimana Anda bisa menuliskan kalimat pemberitahuan bila suatu saat halaman blog Anda mengalami crash dan tidak bisa di akses oleh siapapun.  Pengalihan Ubahsesuaian, tempat Anda mengubah alamat blog dari blogspot.com menjadi domain lainnya.


f.      Sub-menu Lainnya : Terdiri atas Alat Blog, Umpan Situs, OpenID, Konten Khusus Dewasa, Google Analytics. Option-option tersebut juga terdapat di dasbor versi lama dan fungsinya masih sama.




11 komentar:

NF mengatakan...

terperinci penjelasannya, sangat membantu nih untuk newbie :)

Irda Handayani mengatakan...

@NF : terima kasih mb :)

Unknown mengatakan...

yeah ini so cool .. visit back yah :D http://gusfikom.blogspot.com/

Irda Handayani mengatakan...

@Fikri : ok, mimin segera meluncur ke TKP :)

Fajar mengatakan...

jadi tambah jelas sekarang..terima kasih.atas rincian penjelasan...tentang dasbor blogger yang baru.... salam kenal...

Irda Handayani mengatakan...

@Fajar : terima kasih kembali :)

Dini Haiti Zulfany mengatakan...

Saya kayaknya udah lama ganti tampilan dasbor baru blogspot. Awalnya kagok juga karena udah terbiasa dengan yang lama. Tapi ya itu, ala bisa karna biasa, lama-lama malah enak juga pake yang baru :D

Tutorial yang sangat membantu mbak, terima kasih ^^

Unknown mengatakan...

dulu waktu pertama ganti dashboard .. puyengnya minta tulung.. tapi kesini-sininya.. saya mulai nyaman, bahkan lebih enak pake dashboard yg baru ^_^

nice info.. :)

Irda Handayani mengatakan...

@diniehz : terima kasih kembali mb :)

@nuraeni : terima kasih :)

Fitrah Alimuddin mengatakan...

lengkap sekali ^^
Suka ... :)

Irda Handayani mengatakan...

@Fitrah : terima kasih :)

Posting Komentar

ShareThis