9 April 2012

Perfect Link


From Google
Pada umumnya para penikmat dunia internet telah mengetahui dan menyadari bahwa internet di support penuh dengan link-link HTML. Peringkat dari suatu blog dan kesuksesan di semua search engine pada akhirnya terletak pada suatu titik yaitu mendapatkan link dari blog lain, atau biasa disebut sebagai back link. Semakin banyak back link maka semakin baik, dan hal ini sangat efektif untuk menaikkan rating blog Anda di kancah dunia maya.

Walaupun “content is the king”, tidak perduli seberapa hebat atau seberapa keren artikel dan konten di blog Anda, tidak perduli bagaimana search engine dioptimalkan untuk blog Anda, namun jika Anda tidak memiliki back link, maka blog Anda akan sulit ditemukan di SERP Google, terutama untuk keyword yang kompetitif.

Salah satu hal yang bisa Anda lakukan untuk menaikkan rating blog Anda adalah dengan membuat dan mendapatkan perfect link. Pengertian perfect link (link yang sempurna) itu sendiri  adalah relatif, karena pengertian kesempurnaan bagi setiap orang itu berbeda. Berikut ini adalah beberapa pandangan umum tentang apa itu perfect link :

1.      Page Rank
Page rank Google masih menduduki tempat terpenting bagi para jawara blog dan beberapa pakar SEO. Semakin banyak Anda mendapatkan backlink dari halaman ber-page rank tinggi, maka akan semakin baiklah bagi blog Anda. Selain akan meningkatkan posisi blog Anda di search engine, hal itu juga bisa mendongkrak page rank blog Anda sendiri.

2.      Anchor Text
Secara gambling, anchor text adalah teks di dalam link. Jika Anda membidik keyword tertentu, hendaknya letakkanlah link blog Anda di dalam keyword tersebut. Misalnya, jika ingin membidik keyword Widget Keren untuk Blog, maka Anda harus meletakkan link blog Anda ke dalam keyword widget keren untuk blog. Contoh : Blog Keren Dengan Widget. Karena banyak blogger yang meletakkan link blog-nya dengan kalimat “klik disini”, maka tentu Anda tidak ingin membidik keyword (klik disini) yang seperti itu kan? J

3.       Link Inside Text
Search engine dapat dengan mudah melihat daftar panjang link, jadi cobalah untuk mendapatkan link dari dalam teks yang sebenarnya ada pada tulisan di blog Anda. Dimana link dalam teks tersebut sebenarnya adalah isi dari tulisan sehingga terlihat lebih natural. Salah satu cara untuk menghasilkan link ini adalah menulis konten yang baik dan sedikit “memaksa” pengunjung untuk melakukan link tulisan yang lain yang ada di blog Anda.

4.      Authority
Blog yang masuk ke dalam kategori trust factor adalah blog yang memang memiliki predikat bagus dan terpercaya. Secara sederhana, blog yang memiliki domain seperti .edu atau web .gov dapat digolongkan ke dalam authority site.

5.      Relevance
Bagaimana caranya agar setiap halaman yang ada di blog Anda mengandung backlink? Maksudnya, bila Anda memiliki blog khusus SEO, maka Anda akan mencoba untuk mendapatkan link dari blog atau web yang juga membahas tentang SEO.

6.      Neighborhood
Setiap kata kunci memiliki related keywords. Coba Anda lihat google.com, maka Anda akan melihat sekumpulan related keyword. Mendapatkan backlink dari blog lain yang memiliki keterkaitan dengan keyword yang sedang Anda bidik dapat memberikan efek yang bagus untuk blog Anda sendiri.


Bila Anda bisa mendapatkan semua jenis link di atas, maka blog Anda akan menjadi blog yang sangat ideal dengan pencampuran dari berbagai jenis backlink. Kekuatan dari pencampuran ini akan menghasilkan sebuah link juice yang kuat dan berkualitas, hingga pada akhirnya akan mendongkrak posisi blog Anda di search engine.

Selamat mencoba J

**Dari berbagai sumber


090412

5 komentar:

Dini Haiti Zulfany mengatakan...

*setia menanti*

btw, page rank saya masih 0 :(((

Irda Handayani mengatakan...

@diniehz : tidak begitu masalah bila page rank masih 0, selama blog kita memiliki penggemar yang menanti dengan setia maka angka 0 bukanlah masalah besar :D
Keep blogging mb diniehz :)

Nurmayanti Zain mengatakan...

saya juga PR masih 0
:D hihihihi

Objek Wisata Sulawesi Selatan mengatakan...

Makasih yah atas informasinya... berarti domain .com tidak termasuk yah authority?

Irda Handayani mengatakan...

@mb Maya : sabar aja mb :) toh blog mb juga ramai dengan fans2 yg selalu tidak sabar menunggu artikel terbaru dari mb :D

@objek wisata sulsel : wah, jauh tenan iki, salam kenal ya :D Oh ya, benar, .com tidak masuk ke dalam kategori authority :)

Posting Komentar

ShareThis