7 Juni 2012

Apakah Hari ini Anda Sudah Membaca Buku?


Tujuan sederhana dari membaca adalah bertambahnya perbendaharaan kata bagi si pembaca. Itu sebabnya, kegiatan membaca sering di-elu-elu-kan agar semakin bertambah ilmu pengetahuan kita. Bila melihat buku yang tebal saja kita sudah merasa gimanaaaa gitu atau memberikan komentar “Wah, ntu buku mau dijadikan bantal ya?”, bisa jadi kita belum mengetahui apa saja hal-hal seru yang terkandung di dalamnya.

Buku merupakan salah satu tempat ilmu berada, banyak informasi yang bisa kita dapatkan dari buku. Bagi komunitas U-disebut U karena berasal dari kata kutubuku yang huruf vokalnya adalah u semua-buku merupakan barang yang sangat berharga bagi mereka (termasuk saya yang memberikan perlakuan istimewa kepada semua koleksi buku saya), seperti harta benda tempat dimana jiwa mereka berada.

Pada zaman serba modern seperti sekarang ini, rasanya sudah sulit menemukan tulisan “membaca” di kolom hobi pada kertas Riwayat Hidup atau bahasa kerennya Curriculum Vitae. Hal kecil seperti ini terlihat seperti teguran dan sentilan bagi para penggemar buku, karena mungkin hobi membaca itu sudah tidak keren lagi bagi masyarakat sekarang, padahal kita semua mengetahui apa saja manfaat dari buku dan membaca.

Untuk menumbuhkan rasa cinta pada membaca buku juga bukanlah hal yang mudah, terutama bagi para “pembosan akan tumpukan kertas yang dijilid”. Sebenarnya tidak sulit juga melakukan hal yang menyenangkan ini, bisa karena biasa, tidak suka karena belum dicoba J

Cobalah membaca sebelum tidur, pilihlah buku yang ringan-ringan saja seperti novel atau kumpulan cerpen. Bagi Anda yang berkarakter “selalu ingin tahu”, hindarilah membaca buku yang berat dan menguras pikiran untuk menerjemahkan isinya. Mengapa? Karena Anda akan merasakan perasaan penasaran terus-menerus pada alur ceritanya, terus membaca sampai habis dan tiba-tiba pagi sudah menyongsong, tidak terasa Anda telah begadang semalam suntuk, hahahaha… :D (pengalaman pribadi saat penasaran dengan novel Harry Potter dulu).

Bagi Anda yang sulit tidur, membaca merupakan hal sederhana yang bisa Anda coba. Tetapi, merujuk kepada hal yang saya sampaikan di atas, bisa jadi Anda langsung mengantuk dan tertidur atau justru semakin insomnia, hehehe…. Intinya, membaca akan membuat pikiran Anda semakin lelah-ketika fisik juga sudah mulai lelah karena beaktifitas seharian-hingga akhirnya tertidur, itulah salah satu manfaat dari membaca J

Ada lagi, bagi Anda yang menggunakan jasa transportasi umum untuk berangkat ke kantor atau ke sekolah, biasanya menyelipkan buku ke dalam tas Anda. Selagi menunggu sampai di tujuan, Anda bisa menghabiskan waktu dengan membaca (hal ini juga sering saya lakukan selama berada di dalam angkot, daripada bengong melihat suasana yang kisruh, mendingan saya membaca).

Budaya membaca mungkin masih hijau terpupuk oleh zaman, hanya saja medianya yang berbeda. Bila dulu buku masih menggunakan kertas dan berbentuk benda, maka sekarang masyarakat sudah mengenal apa itu e-book, yaitu buku elektronik, buku yang berbentuk file dan tidak berat dibawa kemana-mana. Namun, bagi penikmat buku sejati, buku yang berbentuk hardcopy lebih memuaskan batin daripada buku yang berbentuk softcopy. Meski apa pun bentuknya, buku adalah buku, tempat kita bisa melihat ilmu sebanyak apa pun yang kita mau, tempat kita merengkuh ketidaktahuan dan menjadikannya pengetahuan, media untuk membuat kita semakin pintar J

Apakah hari ini Anda sudah membaca buku?


070612

2 komentar:

NF mengatakan...

udah lama ga baca novel, tumpukannya udah banyak, tergradasi oleh blog, twit, film dll huhu

Irda Handayani mengatakan...

@NF : hhhmmm.... boleh tuh mb, buku2 nya saya pinjam :D

Posting Komentar

ShareThis