6 Juni 2012

Kopdar Yuk?!


Beberapa hal memang bisa didapatkan dari kegiatan blogwalking, tetapi tidak ada yang bisa menggantikan sebuah pertemuan face-to-face. Yup, sepenggal kalimat tersebut terasa benar adanya, seperti sayur tanpa garam :D

Blogger yang sering lalu lalang di dunia blog merupakan orang-orang yang juga memiliki kesibukan di dunia nyata. Blogger berasal dari berbagai profesi, usia, dan karakter, namun kalau sudah membicarakan tentang blog-apalagi bila membahas tema yang sama-maka waktu 24 jam akan terasa seperti 10 menit saja! Bila sudah seperti itu, maka pertemuan secara langsung akan lebih terasa bermanfaat dan menyenangkan.

Kopdar, alias kopi darat merupakan sebutan yang sudah sering terdengar dan sangat akrab di telinga. Biasanya komunitas-komunitas sering mengadakan kopdar, baik untuk sekedar kumpul-kumpul dan bersilaturahim atau juga untuk membicarakan berbagai project terkait dengan komunitasnya. Blogger juga memiliki komunitasnya masing-masing, ada yang bergabung dengan komunitas blogger daerahnya, misalnya Blogger Sumut, ada juga komunitas blog yang populer seperti komunitas para blogger di Kompasiana.

Pada acara kopdar juga ramai dengan kalimat “Oh, ternyata ini si Fulan, saya baru tahu!” Ucapan tersebut spontan terlontar dari blogger, karena selama ini mereka hanya berinteraksi lewat blog atau sosial media atau fasilitas komunikasi lainnya. Kemudian pertemuan itu akan berlanjut dengan memperkenalkan diri masing-masing dan saling bertukar cerita serta seru-seru-an secara nyata. Blogwalking pun menjadi nyata dan semakin seru J

Apa yang dibahas terkait dengan tujuan kopdar itu sendiri, tentunya bebas bersyarat ya, hahaha… maksudnya bebas membahas tema apa saja tapi tetap masuk ke dalam syarat tema dan tujuannya. Dari kopdar tersebut akan lahir banyak ide-ide segar, baik untuk pribadi blogger-nya maupun untuk komunitasnya. Dokumentasi pun menjadi hal yang wajib dilakukan, bisa narsis sama teman-teman yang baru dijumpai meski sekian lama telah menjalin komunikasi.

Banyak hal yang bisa dilakukan dan dihasilkan dari kopdar blogger, tentunya kopdar ini akan semakin mempererat tali silaturahim antar blogger. Saya jadi ingin mengadakan kopdar bareng sobat-sobat RBI lainnya, meskipun Anda berada di tempat yang jauh, tapi komentar yang Anda tinggalkan di blog ini selalu bisa menghangatkan suasana hati saya.

Semoga bisa terwujud acara kopdar RBI suatu hari nanti, amiiiiinnn… J


060612

0 komentar:

Posting Komentar

ShareThis