4 Juni 2012

Hidupkan Blogmu!


Selamat malam kembali sobat RBI J
Siapakah yang telah menyematkan foto-foto keren hasil jepretan sendiri di blognya? Ayo, ancung jari! ^o^

Malam ini saya akan membahas tentang bagaimana caranya agar blog Anda bisa tetap hidup. Bila Anda benar-benar memiliki niat untuk mengembangkan blog yang Anda miliki saat ini, maka Anda akan selalu dihadapkan pada niat semula ketika Anda akan mendirikan blog. Setelah niat menjadi kenyataan, maka jagalah niat tersebut dengan menghidupkan blog, jangan pernah biarkan blog Anda mati atau hibernasi dengan sendirinya (seperti yang telah saya lakukan kemarin, membuat blog RBI ini terhibernasi L ).

Blogger yang mampu menjaga lentera blog-nya merupakan seorang blogger pejuang sejati, karena blog yang selalu ter-update adalah tinggi harkatnya. Wow, hebat bukan? Itu sebabnya blogger harus memiliki kiat-kiat khusus agar blog-nya bisa selalu aktif. Berikut ini beberapa hal yang bisa Anda gunakan untuk membuat blog Anda semakin hidup dan tidak mengalami hibernasi.

 
Ceritakan Pengalaman
Pengalaman selalu menghadirkan kesan-kesan yang mendalam, baik pengalaman yang baik maupun pengalaman yang kurang menyenangkan. Satu pengalaman sederhana bisa melahirkan berjuta kata-kata. Anda bisa menceritakannya mulai dari kejadian bermula, siapa saja pemerannya, apa saja yang terjadi, bagaimana alurnya, apa manfaatnya, apa efeknya, bagaimana berakhirnya, dan bagaimana perasaan Anda sebagai seseorang yang ikut berperan aktif dan ikut ambil bagian dalam pengalaman tersebut.

Pengalaman yang sama, antara pengalaman Anda dengan pengalaman orang lain bisa memicu komentar yang semakin seru. Misalnya, sama-sama memiliki pengalaman dilempari telur dan ditaburi tepung ketika ulang tahun pada masa-masa sekolah (biasanya SMU) dulu. Flash back terhadap kenangan yang menyenangkan tersebut bisa menjadi obat bagi hati yang gundah gulana dan galau gulita :D

Atau, pengalaman menderita suatu penyakit tertentu dapat menghadirkan beragam komentar dan saling bertukar cerita atau bertukar pengetahuan seputar pengobatan yang pernah dijalani. Biasanya, bagi para penderita atau mantan penderita atau seseorang yang memiliki anggota keluarga dan teman yang pernah mengalami pengalaman yang sama, dengan segera akan meluapkan perasaannya di kolom komentar.

Dari pengalaman akan lahir alur cerita yang meninggalkan banyak komentar di blog Anda, maka, lambat laun blog Anda akan kembali dan tetap hidup dari banyaknya “sandal” (komentar) yang ditinggalkan oleh para pengunjung blog Anda.



Sharing Your Idea
Tidak banyak blogger yang mau membagikan idenya ke dalam tulisan dan di posting ke blog. Mengapa? Tentu saja karena mereka khawatir kalau ide itu akan dicuri dan di hak patenkan oleh blogger lain. “Rugi deuh, gue yang capek-capek mikir eh malah orang lain yang mendapatkan keuntungan!”, kira-kira seperti komentar inilah alasannya. Namun, ada juga segelintir orang yang justru dengan senang hati membagikan ide-ide kreatifnya kepada orang lain. Wah, kalau blogger tipe seperti ini memang harus diancungi empat jempol dah d(^___^)b

Sebuah ide sederhana, bila di “godok” oleh banyak orang maka akan bisa menghasilkan suatu hal yang sangat bermanfaat dan tentunya memiliki karakteristik yang semakin beragam pula. Bila seorang blogger memiliki sebuah ide cemerlang, namun bingung bagaimana cara untuk mewujudkannya, maka berbagi ide adalah solusinya.

Ibaratnya satu ide yang dikerjakan oleh satu atau dua orang saja akan berbeda hasil akhirnya bila dibandingkan dengan satu ide tapi dikerjakan oleh banyak orang (minimal lima atau sepuluh orang). Misalnya saja ide membuat sebuah film yang bertema tentang KDRT yang dibaca oleh seorang blogger yang ahli di bidang desain grafis atau ahli di bidang per-film-an, maka blogger tersebut akan menjalin komunikasi dengan si pemilik ide. Ada kemungkinan mereka akan menawarkan kerjasama untuk segera membuat film tersebut.

Adanya komunikasi seperti itu akan membuat blog Anda semakin hidup. Dari satu ide bisa melahirkan banyak manfaat kan? Jadi, jangan malu atau merasa takut dalam berbagi ide :D


Sebarkan Ilmu Pengetahuan
Nah, kalau yang ini, saya rasa Anda semua sudah mengetahuinya. Blog-blog yang memiliki jalur di bidang blog portal biasanya selalu membagikan ilmu-ilmu pengetahuan yang terkini. Banyak informasi yang disematkan pada blog-blog tersebut, misalnya blog detik. Banyak dan beragamnya informasi yang ditampilkan di blog tersebut menjadi acuan dari sebagian besar blogger untuk mendapatkan data-data yang mereka butuhkan, meskipun pada saat ini blog detik terasa kurang nyaman di mata karena terlalu banyak iklan yang simpang siur, hehehe….

Atau seperti blog teman-teman lainnya yang telah berkomitmen penuh untuk menyebarkan ilmu pengetahuan dalam bidangnya masing-masing. Ada yang membahas tentang pengetahuan pernikahan, tentang pengetahuan nge-blog, tentang pengetahuan kesehatan, atau tentang ilmu pengetahuan itu sendiri.

Setiap orang pasti membutuhkan ilmu pengetahuan, maka tidak heran bila masih saja banyak orang yang mencari dan membagikan ilmu pengetahuannya, dan tersebarlah blog-blog yang mengandung ilmu pengetahuan, apa pun itu.

Ilmu pengetahuan juga diibaratkan seperti gula, dan orang-orang adalah semutnya. Dimana ada gula, maka disitu ada semut. Dimana ada blog yang membahas tentang suatu ilmu pengetahuan, maka disitu ada blogger-blogger yang sedang berburu informasi terkait dengan ilmu pengetahuan itu. Kemudian, akan ramailah blog Anda, dan terus hidup dengan beragam pertukaran informasi yang bermanfaat.


Wah, ternyata pembahasan malam ini lumayan panjang ya? Saya sampai kebablasan menulis karena terlalu asyik :D Baiklah, karena hari telah beranjak larut malam, mari kita beristirahat. Semoga besok menjadi hari yang lebih baik lagi bagi kita semua, amin…. J


040612

2 komentar:

Dini Haiti Zulfany mengatakan...

Betul betul betul.. Ngeblog itu sebenarnya mirip ngobrol ya mbak. Topik bahasannya tak habis2 :)

Irda Handayani mengatakan...

@mb Diniehz : iya, seperti kita ini, sedang mengobrol lewat tulisan :D

Posting Komentar

ShareThis