19 Juni 2012

Review Blog RBI


Selama ini, setiap hari, saya selalu menyempatkan untuk menulis dan meng-update blog RBI ini. Selain karena memang keharusan dan kewajiban saya sebagai pengelolanya, saya juga sedang mengikuti suatu kontes yang bernama #tantangan21hari. Secara ringkas, tantangan ini mengharuskan saya untuk menulis dan selalu meng-update blog selama 21 hari berturut-turut, tentunya dengan tindakan yang jujur dan tidak melakukan cheating (menulis beberapa artikel kemudian dijadwalkan agar diterbitkan setiap hari).

Tantangan ini sekaligus merupakan tolak awal saya untuk menumbuhkan kembali komitmen dan konsistensi dalam mengelola blog RBI. Karena menjaga komitmen merupakan hal yang cukup sulit, dimana seribu macam alasan selalu saja datang untuk menghampiri dikala ingin menulis. Melalui tantangan inilah saya meng-“geber” diri saya sendiri dan mempertahankan eksistensi kepenulisan saya.

Alhamdulillah, kemarin adalah hari terakhir tantangan tersebut dan saya beserta blog RBI ini berhasil menjadi pemenangnya \\^o^//  Blog RBI mendapatkan apresiasi dimana bang Nich selaku penyelenggara tantangan ini memberikan space di blog pribadinya untuk me-review blog RBI. Dari beliaulah saya mendapatkan kritik yang membangun dan beberapa saran untuk kemajuan blog RBI ini.

Sebuah pertanyaan pun muncul, apakah saya akan berhenti untuk menulis setiap hari? Tentu saja tidak :D Kalau saya berhenti menulis dan meng-update blog RBI ini, itu artinya saya terikat dengan tantangan tersebut, setelah tantangan usai pun saya hengkang dari kegiatan di blog ini. Oooo… tentu saja tidak, Insya Allah saya akan tetap membagikan pemikiran, ide, tips, trik dan tulisan lainnya terkait dengan dunia blog dan menulis. Nah, itulah komitmen saya terhadap blog RBI ini ^^v

Terkait dengan review blog RBI yang dilakukan oleh bang Nich tersebut, saya merasa malu karena sebagai pengelola seperti kurang perhatian pada blog-nya sendiri L . Terlihat dari beberapa kritikan bang Nich terhadap tampilan sidebar yang sedikti acak-acakan dan juga dirasa kurang eye catching. Kritikan ini adalah salah satu kritik tentang tampilan blog RBI, sedangkan kritikan yang berhubungan dengan sistem adalah adanya linkjuice yang tidak seharusnya “ada” dan pengetahuan tentang CSS yang kurang saya kuasai.

Ternyata masih banyak hal yang harus saya perbaiki di blog RBI ini. Sempat kepikiran juga untuk melakukan import dan export blog ke platform yang lebih safety dan lebih profesional, yaitu dengan membangun web blog secara khusus. Namun, sebelum melakukan hal itu, saya hendak memberikan beberapa pertanyaan seputar blog RBI ini, seperti survey kecil-kecilan yang bertujuan untuk mentransformasikan atau memperbaiki blog ini agar menjadi lebih baik lagi.

Mohon bantuan feed back dari sobat RBI semua untuk beberapa pertanyaan berikut ini :
  1. Bagaimana tanggapan Anda tentang tampilan blog RBI?
  2. Apakah widget yang berada di sidebar terlalu banyak? Bila YA, berapa jumlah widget yang seharusnya terpanjang? Bila TIDAK, berikan alasannya.
  3. Apakah jendela slideshow pada halaman utama terlihat mengganggu atau tidak?
  4. Apakah blog RBI harus diubah menjadi web blog yang berdiri sendiri (tidak terkait pada platform blog seperti Blogspot atau Wordpress) ?
  5. Terkait dengan program Training Online Nge-Blog Bersama RBI yang pernah saya laksanakan dan sempat vakum selama beberapa bulan, maka saya ingin menghadirkan lagi program tersebut. Nah, untuk tema TO Nge-Blog hari Sabtu tanggal 23 Juni 2012 pukul 20.00 WIB nanti, Anda boleh request tema apa yang akan dibahas. Boleh tentang tema apa pun selama berhubungan dengan blog. Insya Allah akan saya buatkan materi dan jadwal TO-nya J



Demikianlah beberapa kabar dan pertanyaan yang saya ajukan, semoga sobat semua berkenan memberikan feed back-nya untuk kemajuan dan perkembangan blog RBI ini. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih J


190612

6 komentar:

NF mengatakan...

blog RBI udah bagus mba, warna merah marunnya cakep banget, saya mau tuh yang kotak merah di tiap widget/labelnya tapi belum bisa, terus waktu itu nyoba nambahin icon yang berbeda di tiap label tapi liat caranya koq susah banget ya, ribet, jadi belum nyoba lagi deh. itu aja nambahin link2 di headernya ampe 3 harian hehe *lho koq curcol :P

Irda Handayani mengatakan...

@NF : Terima kasih atas feed back-nya mb :D
Hahaha... tdk ada larangan untuk curcol koq :)

Dinneno mengatakan...

Widgetnya kebanyakan, Kak. Kalau memang mau dipajang semua, ada baiknya pake theme 3 kolom jadi ada pembagian yang seimbang.

Irda Handayani mengatakan...

@Dinneno : hhhmmm... baiklah, saya mmg memiliki niat untuk menon-aktifkan bbrp widget...
Terima kasih atas sarannya :)

Fitrah Alimuddin mengatakan...

Setuju sama Dinneno mbak yang soal widgetnya ^^
Terus untuk slideshownya, menurut aku gak ganggu kok mbak ^^

Wah . . . Hebat mbak tantangan 21 harinya :)

Irda Handayani mengatakan...

@Fitrah : terima kasih atas masukannya :)
Alhamdulillah, sebagai bentuk komitmen saya terhadap blog RBI ini ^^v

Posting Komentar

ShareThis