2 Juni 2012

Tentukan Tema dan Style Blog Anda


Malam ini saya menyapa sobat RBI lebih cepat dari malam-malam sebelumnya (biasanya hampir pukul 10 malam saya baru update blog dengan tulisan baru), horeeee… ^o^

Update hari ini adalah tentang tema atau style blog. Yup, benar. Blog itu juga memiliki tema atau style yang menjadi ciri khasnya. Banyak sekali tema yang bisa Anda contek atau Anda buat sendiri sebagai branding blog Anda, misalnya blog yang bertema tentang pendidikan, kesehatan, fashion, buku, film, games, musik, kehidupan sosial, kuliner, wisata, dan lain-lain.

Tema apa yang Anda usung pada blog biasanya berkaitan dengan jalur mana yang Anda tempuh, seperti yang telah saya bahas sebelumnya di Tentang Blog. Apakah blog Anda berada pada jalur blog jurnal atau blog profil atau pun blog portal, Anda-lah yang menentukan.

Seorang blogger yang telah memutuskan untuk membangun blog-nya menjadi blog professional akan membutuhkan faktor tema ini sebagai penentu arah keberhasilan blog-nya. Mengapa? Karena orang-orang cenderung lebih menyukai hal-hal yang berbau detail ketika mereka mencari sesuatu dalam dunia Internet. Bahkan search engine pun menyukai blog yang bertema khusus, tentunya karena terkait juga dengan jurus SEO-nya. Maka, jangan pernah remehkan tema yang akan Anda tentukan pada blog Anda.

Berbicara tentang style maka kita berbicara mengenai fashion blog. Mulai dari topi (header), tata rias wajah (menu), pakaian (konten dan menu sidebar), sepatu (footer), hingga ke pernak-pernik yang unik-unik dan bertebaran di dalam blog. Bila Anda terlalu glamour (terlalu banyak widget yang “heboh”) maka blog Anda akan terlihat sangat tidak eye catching, sedangkan bila blog Anda terlalu kosong maka para pengunjung akan cepat merasa bosan. Jadi, yang sedang-sedang saja ya J

Oh ya, satu hal lagi, style juga berarti template! Nah, kalau yang ini saya sendiri mengakui kesulitan untuk mencoba setia dengan satu template, hahahaha :D Saya ini adalah manusia yang menyukai keindahan dan suatu hal yang unik-unik, maka tidak heran bila saya sempat beberapa kali mengganti template blog RBI ini. Sampai pada akhirnya, saya memutuskan untuk setia dengan template yang ini ^^v (akhirnya saya melabuhkan hati juga pada template sederhana tetapi tampak elegan seperti ini).

Template ibaratnya gaya berpakaian yang Anda kenakan setiap bertemu dengan kolega-kolega blog Anda. Maka, kenakanlah pakaian yang sesuai dengan tema dan matching dengan style Anda. Slogan ringan seperti “Dari mata turun ke hati” atau “Kesan pertama begitu menggoda” adalah hal pertama yang harus Anda bangun pada blog.

Nah, sudahkah Anda menerapkan tema ini di blog? Style seperti apakah yang Anda pasang di blog? Yuk, sharing di sini :D


020612

0 komentar:

Posting Komentar

ShareThis