9 Juni 2012

Teknik Nge-Blog


Masing-masing blogger memiliki tekniknya sendiri dalam hal menulis di blog-nya, karena teknik itu  merupakan karakterisitik dari si penulis maka tulisan yang diposting ke dalam blog pun merupakan refleksi atau cerminan dari blogger itu sendiri.

Dari perjalanan panjang saya sebagai seorang blogger (cieee..perjalanan panjang :p), dan beberapa pemikiran dari blogger lainnya, saya mendapatkan beberapa teknik yang biasa digunakan oleh para blogger untuk menulis di blognya. Berikut ini adalah beberapa teknik tersebut :



1.       Memilih Judul yang Menarik
Judul merupakan perwakilan dari isi tulisan Anda, itu sebabnya pemilihan judul tulisan yang akan di posting ke dalam blog merupakan salah satu faktor penting dan sangat mendukung. Ada yang terbiasa menulis judul sebelum memulai menulis suatu artikel, ada juga yang menulis judul setelah artikelnya selesai diketik, bahkan ada juga yang menemukan hidayah judulnya ketika sedang dalam proses menulis. Tidak ada peraturan khusus tentang hal ini, karena pemberian judul atas suatu artikel/tulisan merupakan hak si penulisnya.

Meskipun hidayah untuk menulis judul suatu artikel tergantung kepada si penulis, namun pemilihan judul yang unik, menarik dan mengundang tanya (rasa penasaran) pembaca merupakan langkah wajib yang harus Anda lakukan. Maka berusalah mencari judul yang mencerminkan tulisan Anda dan juga mengandung keunikan sehingga terlihat menarik. Namun jangan juga judulnya terlalu aneh dan terkesan tidak nyambung dengan tulisan Anda ya :D


2.       Mendalami Creative Writing
Apa sih creative writing itu? Jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia berarti kreatif menulis. Hhhmmm… seperti memilih tema atau topik tertentu yang out of the box. Creative Writing juga berarti potensi kreativitas Anda dalam hal menulis yang harus dieksploitasi secara bebas namun tetap terkontrol lewat tema atau topik yang dibahas.

Banyak komunitas menulis yang membahas tentang creative writing ini, saya sendiri pernah menghadiri beberapa seminar atau workshop yang mengambil tema ini. Banyak tips-tips menulis yang mereka berikan kepada para audience, dimana tips-tips tersebut bertujuan untuk membangkitkan kreativitas dari penulis. Berkreativitas lewat tulisan adalah kewajiban bagi seorang penulis sejati J


3.       Memperbaiki Tampilan Blog
Kalau poin yang ketiga ini rasanya sudah sering saya lakukan, baik kepada blog RBI ini maupun kepada blog saya yang lain (My OurCare), meskipun terkesan jadi riweh (rempong) sendiri, tapi memperbaiki tampilan blog adalah hal yang menyenangkan. No body’s perfect, so no blog’s perfect too :D

Mengutak-atik blog, baik itu membersihkan blog dari segala macam pernak-pernik yang tidak dibutuhkan dan mengganggu pemandangan, atau memperbaiki tampilan blog hingga terlihat semakin cantik dan eye catching, hingga mengutak-atik script HTML/JavaScript template-nya sesuai dengan yang saya inginkan, merupakan salah satu hobi saya yang lain. Saya sangat menyukai berkesperimen dengan blog! Meskipun pada akhirnya blog itu sendiri adalah hasil dari eksperimen saya yang gatot-gagal total-tapi tetap saja saya harus belajar dari segala macam kegagalan, hehehe…

Ah, kalau membicarakan tentang tampilan blog memang tidak ada habisnya, apalagi bila saya yang membahasnya. Terlihat sekali kalau saya ini termasuk blogger yang tidak “setia” dengan satu template ya (nah loh, apa hubungannya ya? :p)


4.       Menambahkan Fungsionalitas Pada Blog
Selain mempercantik blog Anda, beberapa widget yang Anda tambahkan pada blog juga memiliki fungsi yang beragam pada blog. Misalnya widget share yang berfungsi untuk membagikan tulisan terbaru Anda atau blog Anda ke jejaring sosial media lainnya. Tombol sederhana seperti share akan mempermudah pengunjung blog untuk melakukan hal itu (membagikan tulisan Anda ke khalayak).

Ada beberapa widget yang fungsionalis yang sering tersemat di blog, yaitu widget share, Twitter Conversation, Facebook Social Plugin, Chatting YM, dan widget-widget fungsionalis lainnya. Selain itu, widget fungsionalis ini juga akan membantu menaikkan rating blog Anda di kancah sosial media J


5.       Menambah Pengunjung Blog
Saya sudah melakukan riset kecil-kecilan tentang hal ini, yang juga masih terkait dengan kegiatan blogwalking. Ternyata, setelah memperhatikan dan mengoreksi diri sendiri, blogwalking merupakan jawaban yang paling masuk akal untuk menambahkan pengunjung ke blog Anda (selain dari sharing link kesana kemari ya).

Saya bertanya pada diri sendiri, “Mengapa ya blog mereka ramai dikunjungi dan banyak mendapatkan komentar?”. Jawaban dari pertanyaan itu adalah karena mereka rajin berkunjung dan memberikan komentarnya ke blog orang lain. Istilahnya take and give. Bila ingin blog-nya dikunjungi, maka harus mengunjungi blog orang dulu. Bila ingin tulisannya dikomentari, maka harus bersedia memberikan komentar juga ke tulisan orang lain.

Terlihat simple dan sederhana memang, namun masih saja banyak blogger yang merasa sulit melakukannya (mungkin termasuk saya L mohon dimaafkan ya). Setelah saya melakukan riset tersebut, maka hari ini saya mulai berkunjung ke sana-ke mari, membaca beberapa tulisan dari blogger lainnya, memperhatikan tampilan blognya, melihat-lihat siapa saja yang aktif memberikan komentar dan meninggalkan jejak, hingga mem-follow back mereka yang selama ini telah follow blog RBI, dan lain-lain. Blogwalking itu memang seru ya! Saya jadi sangat menikmati acara blogwalking di weekend ini :D


By the way, kira-kira kelima poin tersebutlah yang dapat saya bagikan terkait dengan teknik-teknik nge-blog yang bisa Anda aplikasikan. Mungkin masih banyak hal yang belum saya kupas tuntas tentang teknik nge-blog ini, maka saya juga mengharapkan feedback dari para sobat RBI J

Karena hari telah beranjak sore, jadi, saya akhiri sampai di sini ya dan selamat ber-weekend ria sobat RBI ^^v


090612

10 komentar:

Media Info mengatakan...

masing-masing blogger memang punya tekhnik tersendiri, Sobat...

"Private secret technique".. ^_

Irda Handayani mengatakan...

@Media Info : benar dan setuju :)

Endah SL mengatakan...

aku lagi sibuk belajar yang poin nomor 2 dan 3 kak -_-
yup setuju banget deh sama point yang nomor 5 :D
syukur syukur kalo yang blogwalking dan memberi komentar di postingan kita itu memberi saran juga kritik yang membangun :)
huaaaa aku seneng deh di follow back sama RBI :D
thanks RBI :* #joget-joget ala cicak :D

Irda Handayani mengatakan...

@ninuk : ayo ayo, semangat belajar \\^o^//
Insya Allah ntar kk blogwalking lagi ke blog ninuk :D
Terima kasih kembali :)

Muhamad Saleh mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Irda Handayani mengatakan...

@Shaleh : ok, mimin segera menuju ke TKP :)

GPN Purwodadi mengatakan...

sangat setuju min.. hhehe

Irda Handayani mengatakan...

@GPN Purwodadi : tks :)

nurul habibah mengatakan...

Senang bisa berkunjung di sini...bisa share gk ttg creative writing? aku lagi ngotak-ngatik blog, mencari inspirasi judul dan sesuai dengan tulisanku,jadi blog bukan hanya diary saja. mampir dong ke bloq q www.nurulhabeeba.blogspot kasih masukan juga ya ^^

Rafishca A mengatakan...

follow rafishcaamalia.blogspot.com ya

Posting Komentar

ShareThis