8 Juni 2012

Kolaborasi? Mengapa Tidak?!


Blogwalking sudah, kopdar juga sudah, selanjutnya apa? Kita kolaborasikan saja! :D
Banyak peluang akan terbuka bagi Anda yang telah bertemu dengan teman-teman baru dari dunia blog. Banyak hal yang bisa Anda lakukan bersama teman-teman blogger tersebut. Salah satunya adalah melakukan kolaborasi, yaitu menyatukan beberapa ide yang berbeda dan membuatnya menjadi sebuah konsep.


Dalam kolaborasi tersebut, Anda bisa mendapatkan beberapa hal seperti berikut :
1.       Belajar bersama, berdiskusi atau bertukar ilmu
2.       Membentuk komunitas
3.       Mengadakan acara bersama
4.       Memulai usaha bersama

Bila bertemu dengan orang-orang baru, tentunya Anda akan menemukan hal-hal dan pengetahuan baru. Maka, lakukanlah kolaborasi ilmu dengan cara belajar bersama, berdiskusi dan bertukar ilmu. Bila ilmu pengetahuan disimpan sendiri, maka tidak akan membuat Anda semakin pintar, justru semakin terasing dari kekayaan pengetahuan. Nah, jangan pernah pelit dan takut untuk berbagi ilmu pengetahuan ya. Mungkin saja dengan melekukan kolaborasi ilmu pengetahuan akan semakin menambah wawasan Anda.

Kolaborasi akan menghasilkan komunitas! Komunitas, seperti sebutannya merupakan kumpulan dari beberapa orang yang memiliki misi, visi dan tujuan yang sama. Semakin berkembangnya sosial media saat ini, maka semakin menyuburkan komunitas-komunitas di segala bidang. Kolaborasi pemikiran akan memeriahkan komunitas yang telah dibangun dan semakin berkembang ke arah yang lebih professional.

Apakah cukup hanya melakukan kopdar sekali saja? Saya rasa tidak :D Ada hal-hal yang memang bisa dibicarakan via tulisan atau via media komunikasi yang serba canggih, namun tetap tidak ada yang bisa menggantikan pertemuan kopdar. Kopdar rutin pun dijadwalkan dan acara demi acara lainnya segera menyusul untuk direalisasikan. Perencanaan dari setiap acara tersebut merupakan hasil dari kolaborasi para anggota komunitas tersebut.

Memulai usaha bersama, nah, kalau yang ini anak-anak muda yang ketagihan pada kreativitas dengan sendirinya akan menjalankan usaha yang mandiri dan menguntungkan. Sangat banyak contohnya usaha nyata yang dijalani oleh para blogger dan berawal hanya dari saling membalas komentar di blog. apakah usaha tersebut bersifat online atau offline atau merupakan gabungan dari keduanya, online dan offline. Apa pun itu yang mengandung kreativitas akan mengalir dan membentuk sebuah usaha yang unik dan menguntungkan tentunya. Sambil menyelam minum air, sambil nge-blog menjalankan usaha dan akhirnya sukses, amin.

Kalau yang ini, sepertinya kolaborasi yang unik dan lucu ya :D


Masih banyak manfaat dari kolaborasi, maka mengapa harus menolak ketika ada blogger lain yang mengajak bekerja sama atau membangun usaha? J


080612

2 komentar:

GPN Purwodadi mengatakan...

saya mau dong, diajak kolaborasi..^_^

Irda Handayani mengatakan...

@GPN Purwodadi : hhhmmmmm kolaborasi apa ya? ada ide? :)

Posting Komentar

ShareThis