16 Juni 2012

Doping Menulis


Pada awalnya saya bingung akan membahas apa untuk update blog pada hari ini, Sabtu malam atau malam Minggu ini. Bukan karena galau tetapi karena terlalu banyak yang saya pikiran, hahahaha, lebay ya? :p

Judul di atas saya temukan setelah melihat sebuah acara televisi yang mengangkat tentang cerita atau kisah atau hal-hal unik yang ada di dunia ini. Sebuah kata terdengar oleh saya yang masih berada dalam kondisi bingung, “doping” begitulah kata yang langsung saya tuliskan pada judul.

Biasanya, saya selalu membuat judul di akhir, setelah tulisan selesai saya rangkai dari kata-kata, namun untuk kali ini saya akan mengembangkan kata “doping” dan mentransformasikannya ke dunia tulisan. Asyik kan menjadi seorang penulis, bisa mengembangkan tulisan atau artikel apa pun hanya dari apa yang dilihat atau didengar atau dirasakan.

Apa sih “doping”? Menurut situs Wikipedia, dalam olahraga, doping merujuk pada penggunaan obat peningkat performa oleh para atlet agar dapat meningkatkan performa atlet tersebut. Menurut IOC (International Olympic Committee) pada tahun 1990, doping adalah upaya meningkatkan prestasi dengan menggunakan zat atau metode yang dilarang dalam olahraga dan terkait dengan indikasi medis. Alasannya terutama mengacu pada ancaman kesehatan atas obat peningkat performa kesamaan kesempatan bagi semua atlet dan efek olahraga “bersih” (bebas doping) yang patut dicontoh dalam kehidupan umum. Selain obat, bentuk lain doping ialah ialah doping darah, baik melalui transfusi darah maupun penggungaan hormon eritropoietin atau steroid anabolic tetrahidrogestrinon.

Bila situs Wikipedia tersebu telah menerangkan dan memberitahukan apa dan bagaimana doping dalam bidang kesehatan, maka saya akan mencoba menjabarkan apa itu doping dalam hal menulis. Mungkin temanya terlihat sedikit ngawur, tapi selalu ada keterkaitan segala sesuatunya dengan dunia menulis J

Penulis maupun blogger memerlukan doping agar selalu bisa meningkatkan performanya dalam menghasilkan karya berbentuk tulisan yang bermutu dan terjamin keasliannya. Doping di sini dapat diartikan sebagai vitamin kesehatan seperti :
Vitamin A : menjaga kesehatan syaraf penglihatan, mempercepat proses penyembuhan beberpa penyakit seperti infeksi.
Vitamin B : sebagai pemberi kekebalan pada tubuh bila cuaca sedang tidak bagus.
Vitamin C : menguatkan otot, terutama pada jantung dan menjaga kestabilan kolesterol serta melancarkan proses pembuangan kotoran keluar dari tubuh.
Vitamin D : menghancurkan dan membunuh segala macam bakteri atau virus dan memberikan kekuatan agar tubuh kebal terhadap serangan penyakit
Vitamin E : mengusir berbagai macam racun yang bersarang di tubuh.

Asupan kebutuhan vitamin tersebut berfungsi juga sebagai doping bagi penulis maupun blogger. Stamina harus tetap terjaga karena bagian tubuh yang disebut otak selalu dipekerjakan ekstra keras, menguras semua hal apa pun yang bisa dihasilkannya. Bila otak tidak cukup mendapat nutrisi atau lalu lintas oksigen ke otak mengalami penyumbatan, maka semua pekerjaan yang berkaitan dengan menulis dan nge-blog tentu saja akan terhambat.

Doping ini khusus diperuntukkan bagi Anda yang selalu bekerja dengan kata-kata, menghabiskan waktu untuk menguras otak dan menghasilkan karya-karya yang bermutu dan berkualitas tinggi. Biasakan memenuhi kebutuhan tubuh dengan memakan makanan yang dapat memberikan doping ekstra pada tubuh dan otak Anda.

Doping berupa obat-obat penambah stamina atau minuman bernergi lainnya saya rasa wajar saja dikonsumsi selama dalam batas kejawaran dan memang sangat dibutuhkan, namun jangan pula hal ini menjadi kebiasaan, karena lambat laun doping yang berpengawet tersebut justru akan menggerogoti tubuh Anda. Maka, bijaklah memilih doping agar Anda dapat selalu memberikan performa yang baik dalam bidang dunia tulis menulis. Bila perlu konsumsi saja doping alami, selain lebih sehat, lebih murah juga lebih bermanfaat.

Nah, nyambung juga kan apa yang saya sampaikan. Hal-hal yang terdapat dalam bidang yang lain tetap bisa dikaitkan dengan dunia menulis dan nge-blog. Apalagi bidang kesehatan yang merupakan salah satu faktor penting bagi seorang penulis dan blogger untuk menghasilkan karyanya.


160612

4 komentar:

Endah SL mengatakan...

waw hebat ini si kakak dari kata doping aja bisa menjadi sebuah artikel yang ya bisa dibilang mengajak buat hidup sehat dan semangat menulis :D

Irda Handayani mengatakan...

@ninuk : alhamdulillah, hanya mengembangkan karunia dari Allah :)

GPN Purwodadi mengatakan...

saya kopi untuk group say ayh.. ijin dulu..

Irda Handayani mengatakan...

@GPN Purwodadi : ok :)

Posting Komentar

ShareThis