23 Juni 2012

Database Bhinneka Tunggal Ika

Sumber Gambar


Komunitas, pada umumnya memiliki visi, misi dan tujuan yang berbeda. Pada masa sekarang ini, dimana dunia socmed menjadi sangat “meledak” dengan segala kemudahannya, maka bermuncullah komunitas-komunitas. Beragam konsep dan ide bermunculan untuk menunjukkan eksistensinya di dunia socmed. Diakui melalui berbagai acara atau event atau pun kegiatan yang bermanfaat merupakan salah satu nilai plus dari kesuburan komunitas-komunitas baru.

Seperti beberapa komunitas yang saya ikuti, masih seputar bangsa dan tanah air kita ini, Indonesia. Sangat banyak anak muda yang mendirikan atau ikut bergabung dalam komunitas yang berbau kebangsaan. Mereka memberikan kontribusi berupa foto, video, lagu, tulisan dengan beragam tema yang masih seputar Indonesia dan lain-lainnya. Tindakan kontribusi yang sangat baik untuk ikut melestarikan kebudayaan dan kekayaan yang dimiliki negeri ini, baik dari segi adat istiadat, makanan, objek wisata, dan lainnya.

Namun, ada satu pertanyaan yang mengganggu benak saya. Dengan banyaknya komunitas yang mengangkat tentang Indonesia, mengapa tidak ada yang berinisiatif untuk mencatatnya sebagai data konkrit dan segera mendaftarkannya sebagai asset bangsa dalam bidang kebudayaan. Hal ini terkait dengan masalah yang selalu saja mengganggu bangsa ini, yaitu peng-klaim-an budaya oleh bangsa lain. Sudah sepatutnya kontribusi tersebut menjadi sebuah database tempat berkumpulnya aset-aset budaya bangsa Indonesia.

Saya yakin, dari posisi yang paling ujung saja yaitu Sabang, kita memiliki budaya yang sangat banyak. Itu masih satu daerah, dan kapasitas database tersebut akan semakin menjadi besar seiring dengan bertambahnya kebudayaan dari daerah lainnya, hingga sampai ke Merauke. Mulai dari bahasanya, tariannya, adatnya, makanannya, pakaiannya, rumahnya, kebiasaannya, senjatanya, kerajinannya, wah, sangat banyak yang bisa kita daftarkan ke dalam super database kebudayaan Indonesia ini! Maka, bersyukurlah karena negeri ini sangat kaya. Maka, bersegeralah ambil andil untuk ikut melestarikannya.

Ayo, lestarikan kebudayaan kita. Bersuku-suku itu bukan untuk memporak-porandakan ikatan persaudaraan kita, tetapi justru membuat keragaman menjadi suatu hal yang sangat berharga. Bhinneka Tunggal Ika, berbeda-beda tetapi tetap satu jua.

Yang bangga dengan kebudayaan Indonesia, mana suaranya??? :D


230612

11 komentar:

NF mengatakan...

mbaa ada PR looh dariku, di cekidot deh *hehe OOT :P

Irda Handayani mengatakan...

@NF : huahaha... kebagian PR juga toh, baiklah, segera menuju ke TKP :)

Endah SL mengatakan...

iya betul setuju itu sama saran diatas kenapa gak di data base kebudayaan dari tiap tiap daerah..!!
kalo mau mempatenkan ke unesco ya namanya?? itu lama -_- miris memang kebudayaan indo sering di klaim negara lain tapi itu akibatnya karena kita sebagai WNI gak pernah turut serta melestarikan ato apalah itu namanya tentang kebudayaan indo. pas udah di klaim negara lain baru dah ber koar koar -_-

Irda Handayani mengatakan...

@ninuk : hhhmmmm.... betul betul betul...
ada nggak ya pihak yang mau membuatkan database Bhinneka Tunggal Ika ini?

Dini Haiti Zulfany mengatakan...

Iyyya ya. Brilliant idea mbak!

Saya sayaaa, saya cinta Indonesia beserta budayanya *kecuali 'budaya' korupsi ulah para oknum*

Irda Handayani mengatakan...

@diniehz : terima kasih mbak :)
Hahaha... benar itu, budaya korupsi itu yang pertama kali harus di daftarkan, eh maksudnya harus dihancurkan :D

affanibnu mengatakan...

tentu saya bangga dengan indonesia.. !

pengen sekali keliling2 indonesia..

Irda Handayani mengatakan...

@affanibnu : seeeepppp d(^___^)b

Unknown mengatakan...

niat yg baik diiringi keikhlasn amal, suatu wkt kan dprmudah tuhan. so tack act dan ga usah nunggu org lain pduli sm kita

Irda Handayani mengatakan...

@Ameera David : Betul :) Bergerak lebih dulu tanpa menunggu orang lain adalah lebih baik ^^v

Anonim mengatakan...

Jadikan kami sebagai salah satu media promosi blog / web anda
cybercityindonesia.com adalah sosial network Lokal
untuk membantu menghubungkan & share info mengenai Edukasi di indonesia
www.cybercityindonesia.com

Posting Komentar

ShareThis